Ini Dia! 5 Kebiasaan Mudah yang Bisa Mengurangi Produksi Asam Lambung dan Mencegah Sakit Maag serta GERD

Asam Lambung Bisa Dicegah dengan Kebiasaan Mudah Ini
Asam Lambung Bisa Dicegah dengan Kebiasaan Mudah Ini (Foto:Canva)

Produksi asam lambung bisa dicegah dengan kebiasaan Ini. Asam lambung adalah cairan pencernaan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu proses pencernaan makanan.

Namun, ketika produksi asam lambung terlalu tinggi, dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti refluks asam dan sakit maag.

Pada kondisi normal, asam lambung berperan dalam membunuh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi.

Namun, jika produksi asam lambung berlebihan atau terjadi masalah pada mekanisme katup antara lambung dan esofagus, maka asam lambung dapat naik ke esofagus dan menyebabkan gejala sakit maag atau refluks asam.

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

Asam lambung ini tentu bisa dicegah untuk menghindari munculnya gejala sakit maag dan refluks asam, yaitu dengan cara:

  • Makan dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu mengurangi tekanan pada lambung dan mencegah naiknya asam lambung.

Selain itu, hindari makan terlalu cepat atau terlalu lambat, karena dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memperburuk gejala sakit maag dan refluks asam.

  • Hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan naiknya asam lambung karena posisi tubuh yang horizontal. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu minimal 2 jam setelah makan sebelum tidur.

  • Hindari merokok

Merokok dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala sakit maag dan refluks asam. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari merokok atau mengurangi konsumsinya.

  • Kurangi stres

Stres dapat memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala sakit maag dan refluks asam. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi stres dengan cara melakukan aktivitas yang menyenangkan atau meditasi.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan lambung dan mencegah naiknya asam lambung.

Pilihlah makanan yang rendah lemak, tinggi serat, dan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam menjaga kesehatan lambung, penting untuk menghindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung dan menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Jika gejala sakit maag atau refluks asam terus berlanjut atau semakin parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *