Nikmati Kelezatan Steak Daging Sapi Teflon dari Daging Kurban Idul Adha: Resep Praktis dan Lezat untuk Hidangan Spesial

Inilah cara buat steak daging sapi teflon yang praktis dan lezat
Inilah cara buat steak daging sapi teflon yang praktis dan lezat. (Foto: Canva by Gurkanerol)

Memanfaatkan daging kurban Idul Adha dengan cara buat steak daging sapi teflon menjadi pilihan yang menarik untuk menyajikan hidangan yang berbeda dan spesial.

Dalam momen perayaan Idul Adha, seringkali kita menerima berbagai stok daging kurban, termasuk daging sapi.

Selain mengolahnya dengan resep tradisional seperti sate, tongseng, gule, atau rendang, menghadirkan steak daging sapi teflon memberikan variasi yang menarik dan rasanya yang lezat.

Resep steak daging sapi teflon memiliki keunggulan dalam kemudahan pengolahan dibandingkan dengan masakan daging tradisional.

Anda tidak perlu ribet dengan banyak bumbu, cukup menggunakan bumbu-bumbu sederhana yang mudah ditemukan.

Pendamping daging steak ini pun cukup simpel, seperti kentang goreng (french fries) dan tumisan sayur yang sederhana.

Resep Steak Daging Sapi Teflon

Berikut adalah langkah-langkah dalam menyajikan steak daging sapi teflon ala Idul Adha:

1. Potong daging kurban sesuai selera dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal, dengan arah potongan yang berlawanan dengan serat. Pastikan juga untuk membuang lemak yang menempel pada daging.

2. Persiapkan bahan pengempuk daging kurban. Anda dapat menggunakan parutan nanas atau baking powder dengan cara mengoleskan pada daging selama 30 menit. Alternatif lainnya adalah memukul-mukul daging secara lembut atau menusuk daging dengan garpu secara merata.

3. Lap atau seka bersih daging kurban setelah dibaluri dengan cairan pengempuk. Tidak perlu mencucinya dengan air.

4. Bumbui daging kurban dengan garam, merica hitam, minyak zaitun atau margarin, parutan biji pala, dan parutan bawang putih sesuai dengan selera. Diamkan daging yang telah dibumbui setidaknya satu jam agar rasa bumbu meresap.

5. Siapkan teflon anti lengket dan masukkan mentega secukupnya. Tumis bawang bombai iris hingga layu, harum, dan berubah warna. Angkat dan sisihkan di piring.

6. Masukkan daging yang telah dibumbui ke dalam teflon yang sama. Masak dengan api sedang hingga bagian bawah daging terlihat kecoklatan. Balik daging dan lakukan hal yang sama hingga daging matang sesuai selera.

7. Sajikan steak daging teflon dengan menambahkan tumisan bawang bombai, tumisan jagung manis yang telah dipipil, wortel, selada, buncis, serta kentang goreng garing sebagai pendampingnya.

Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan saus mayones dan sambal botolan saat menikmati steak daging teflon.

Resep steak daging sapi teflon ini dapat dikatakan sebagai pilihan yang anti-gagal dan sangat mudah untuk diikuti.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari daging kurban dalam waktu tiga hari setelah penyajian.

Meskipun dapat disimpan lebih dari tiga hari, disarankan untuk menghabiskannya dalam waktu yang lebih singkat agar kelezatan dan keamanan konsumsi tetap terjaga.

Memanfaatkan daging kurban Idul Adha dengan resep steak daging sapi teflon akan memberikan pengalaman kuliner yang istimewa bagi keluarga dan teman-teman terdekat.

Selamat mencoba!