Cara Membuat Es Lumut, Minuman Segar Viral yang Mudah dibuat dan Bisa Jadi Ide Jualan

Cara Membuat Es Lumut Viral di TikTok
Cara Membuat Es Lumut Viral di TikTok (Foto:youtube.com/mamhafsa)

Cara membuat es lumut viral. Ingin mencoba minuman segar yang tengah viral di sosial media? Cobalah es lumut, salah satu minuman viral dan unik yang terbuat dari jelly berwarna hijau layaknya lumut yang dicampur dengan susu segar.

Selain memiliki tampilan yang menarik, es lumut juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya mudah dibuat, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es lumut juga mudah ditemukan di pasaran.

Oleh karena itu, minuman viral ini juga cocok sebagai takjil saat berbuka puasa atau sebagai ide jualan pada bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat es lumut yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus jelly bubuk yang bewarna hijau atau bisa menggunakan jelly rasa melon.
  • 100 gram gula pasir.
  • 700 ml air.
  • Pewarna makanan hijau.
  • 200 ml susu full cream.
  • Susu Kental Manis, bisa disesuaikan dengan selera.
  • Es Batu.

Cara Membuat:

  1. Dalam panci yang telah disiapkan, masukkan campurkan jelly bubuk, gula dan air aduk-aduk hingga gula dan jelly bubuk larut.
  2. Setelah itu, nyalakan kompor dan aduk-aduk adonan jelly dalam panci. Jangan lupa tambahkan sedikit pewarna hijau supaya warnanya tidak terlalu pucat dan aduk-aduk hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, maka bisa matikan kompor.
  4. Lalu, masukkan satu buah es batu yang besar ke dalam adonan jelly dan siramkan larutan jelly tersebut ke atas es batu secara berulang.
  5. Kemudian, aduklah dan sirami secara terus-menerus larutan jelly tersebut ke atas es batu sampai mulai mengeras hingga nantinya membentuk seperti bagian kecil-kecil tipis layaknya lumut.
  6. Apabila adonan jelly tersebut sudah membentuk seperti lumut yang berwarna hijay, maka aduk kembali menggunakan whisk supaya tidak ada adonan jelly yang masih menggumpal besar.
  7. Setelah itu, bisa pindahkan adonan jelly lumut ke dalam wadah besar lalu tambahkan susu full cream dan juga susu kental manis sesuai dengan selera.
  8. Maka es lumut sudah siap dinikmati.

Itulah cara mudah membuat minuman segar yang sedang viral di sosial media TikTok maupun Instagram. Selain mudah, membuat minuman ini sendiri di rumah juga lebih sehat karena lebih terjaga kebersihannya dan terbuat dari bahan-bahan yang sesuai dengan pilihan kita.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan nikmati segarnya minuman viral ini untuk takjil buka puasa dan juga bisa sebagai ide jualan saat bulan Ramadhan. Selamat mencoba!