Mana yang Bikin Cerah? Cuci Muka dengan Air Hangat atau Dingin? Ini Jawabannya

Cuci Muka dengan Air Hangat atau Dingin
Cuci Muka dengan Air Hangat atau Dingin (Foto:Canva)

Cuci muka dengan air hangat atau dingin ini lebih baik yang mana untuk bisa membuat wajah menjadi lebih cerah dan glowing?

Tahukah kamu sebelum menggunakan produk skincare wajah, tentu saja hal pertama yang kamu lakukan adalah mencuci muka atau membersihkan wajah terlebih dahulu.

Cuci muka ini adalah salah satu rutinitas wajib yang tidka bisa kamu tinggalkan apalagi setelah seharian berkegiatan.

Buat kamu yang sering kali bertanya, saat mencuci wajah ini manakah yang lebih baik, menggunakan air hangat atau air dingin?

Dikutip dari berbagai sumber, kita sangat dianjurkan untuk mencuci muka sehari sebanyak dua kali dan usahakan untuk menggunakan formula lembut yang dapat menghilangkan kotoran, membersihkan pori-pori secara mendalam, membantu menghilangkan riasan serta juga dapat membuat kulit terasa segar, bersih dan terhidrasi

Kulit wajah kita memanglah selalu bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran dan faktor lain setiap hari yang tentu saja harus dihilangkan dengan cara dan formula yang lembut.

Dikutip dari Heathline, mencuci wajah dengan menggunakan air dingin ini diyakini banyak manfaat, salah satu manfaatnya adalah bisa untuk mencegah timbulnya jerawat.

Tak hanya itu saja, nyatanya mencuci muka dengan menggunakan air dingin ini juga bagus untuk kulit dengan kondisi rosacea.

Sementara, jika memilih mencuci muka menggunakan air hangat atau air panas ini justru diyakini dapat membuat kulit dengan rosacea ini menjadi tambah meradang. Akhirnya kulit wajah akan menjadi kemerahan dan akibatnya dapat menimbulkan jerawat.

Jadi, dengan mencuci muka menggunakan air dingin ini akan dapat memberi keuntungan bagi pemilik kulit kering dan acne prone skin.

Begitu pula buat kamu yang memiliki tipe kulit kering yang kronis, dengan mencuci wajah menggunakan air panas ini akan bisa menghilangkan kadar sebum atau minyak, sehingga ini akan dapat memperparah masalah.

Maka, pilihan yang tepat adalah dengan mencuci muka menggunakan air dingin ini yang bisa menjadi alternatif yang baik.

Tapi ingat ya, ternyata mencuci muka dengan air dingin juga dapat menimbulkan beberapa sisi negatif.

Mencuci muka dengan air dingin ini juga dapat membuat mengencangkan pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran yang ada di wajah tersebut dapat terperangkap dan tidak bisa keluar.

Jadi, dalam mencuci muka ini sebenarnya lebih baik menggunakan air yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu hangat.

Dengan kamu memilih suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas ini tentu saja tidak akan menghilangkan minyak alami pada wajah sepenuhnya.