Manfaat Retinol untuk Wajah, Kamu Wajib Tahu!

Amankah Skincare untuk Ibu Hamil?
Amankah Skincare untuk Ibu Hamil?h (Foto:Canva)

Manfaat retinol untuk wajah yang sering kali menjadi bahan utama dalam skincare. Retinol ini merupakan salah satu bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare.

Perlu kamu ketahui, kandungan senyawa ini mempunyai banyak fungsi, mulai dari untuk mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit hingga diyakini ampuh mencegah penuaan dini.

Sama dengan bahan aktif lainnya, retinol ini ternyata juga perlu digunakan sesuai dengan aturan supaya kulit bisa mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari risiko iritasi.

Tahukah kamu, ternyata ada alternatif dari retinol yang bisa berasal dari ekstrak tanaman Edelweiss yang boleh kamu pertimbangkan.

Produk-produk Edelweiss ini umumnya mengandung Leontopodic Acid yang mempunyai 43% lebih banyak antioksidan dari retinol, peptida dari beras ini juga bisa untuk membantu mempercepat pembentukan skin barrier.

Tak hanya itu, edelweiss stem cell ini juga bisa membantu regenerasi sel kulit serta juga hyaluronic acid ini yang baik untuk melembapkan kulit.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa manfaat retinol ini adalah untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kulit mulai dari garis halus hingga tampilan pori-pori yang besar.

Inilah beberapa masalahh kulit yang bisa diatasi oleh retinol, yaitu:

  1. Garis-garis halus.
  2. Keriput.
  3. Tanda-tanda kerusakan akibat terkena sinar matahari.
  4. Tekstur kulit yang tidak merata.
  5. Melasma dan jenis hiperpigmentasi lainnya.
  6. Peradangan akibat jerawat.
  7. Tampilan pori-pori yang besar.

Walaupun manfaat retinol untuk wajah ini cukup banya, namun retinol ini juga dapat menyebabkan efek samping bila tidak digunakan sesuai aturan. Inilan beberapa efek samping yang pernah penggunaan retinol, yaitu:

  • Kulit menjadi kering dan iritasi.
  • Terjadi perubahan pada warna kulit.
  • Kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Kulit akan menjadi kemerahan, bengkak, keras atau melepuh.

Menurut beberapa sumber, orang yang paling ideal untuk menggunakan retinol ini adalah mereka yang sudah mendekati pertengahan usia 20-an.

Tetapi, usia ini bukan satu-satunya yang menjadi patokan penggunaan retinol. Berikut ini beberapa kategori yang tidak disarankan menggunakan retinol untuk wajah, yaitu

  • Orang yang dengan kondisi kulit sensitif seperti rosacea.
  • Orang yang lebih sering menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan matahari yang tepat.
  • Ibu hamil atau ibu menyusui.