Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah
Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah (Foto:Canva)

Manfaat minyak zaitun untuk wajah hingga saat ini masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Perlu diketahui, ternyata manfaat minyak zaitun untuk wajah memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini sudah terbukti dari banyaknya skincare yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

Minyak zaitun ini adalah jenis minyak yang dihasilkan dari perasan buah zaitun (Olea europaea L) dan kabarnya minyak ini sudah dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan sejak 6000 tahun yang lalu.

Tahukah kamu, bahwa dalam 1 sendok makan atau 15 ml minyak zaitun ini terdapat beragam nutrisi seperti:

  • Kalori: 120 kalori.
  • Lemak: 13,5-14 gram.
  • Kalsium: 0,1 milligram.
  • Kalium: 0,1 milligram.
  • Natrium: 0,3 milligram.
  • Vitamin E: 1,9 milligram.
  • Vitamin K: 8 mikrogram.
  • Kolin.
  • Flavonoid.
  • Polifenol.

Perlu diketahui, jika kandungan lemak pada minyak zaitun adalah jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3 hingga omega 6.

Inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Menyehatkan Kulit Wajah

Minyak zaitun ini memang mempunyai beberapa manfaat untuk kulit karena kandungan berbagai vitaminnya yang tinggi. Contohnya seperti vitamin A, D, dan K hingga vitamin E.

Nah, berdasarkan kandungan tersebut, jika kamu secara rutin mengoleskan minyak zaitun pada wajah diharapkan dapat menyehatkan kulit secara menyeluruh. Hal ini tentu juga mempunyai keterkaitan dengan kecantikan kulit wajahmu.

  1. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radiasi Sinar UV

Minyak zaitun ini juga merupakan antioksidan alami, maka minyak zaitun ini diyakini dapat membantu mencegah atau membalikkan kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet penyebab kanker kulit.

Hal ini dapat terjadi karena minyak zaitun memiliki konsentrasi bahan yang disebut squalene yang sangat tinggi, jika dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain yang biasanya dimakan manusia.

Nah, squalene inilah yang akan memberi minyak zaitun dorongan antioksidan alami secara ekstra.

  1. Melembapkan Kulit dan Melawan Bakteri

Minyak zaitun ini juga diketahui dapat membantu melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Hal ini tentunya saja dapat menjaga kulit wajah tetap segar dan mencerahkannya.

Apabila kulit wajahmu rentan terhadap jerawat, maka dengan menggunakan sabun yang dibuat dengan minyak zaitun ini dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini dikarenakan minyak zaitun dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

  1. Manfaat Lain Minyak Zaitun Pada Wajah

Minyak zaitun ini juga mempunyai berbagai manfaat lainnya, mulai dari untuk membantu membersihkan kulit, membantu proses penyembuhan luka pada kulit hingga meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai pelembab tanpa bahan tambahan apa pun dengan mengoleskannya langsung ke kulit dan kamu bisa menghilangkan minyak berlebih dengan handuk atau kain.