Mahfud MD: Kawal Sesuai Arahan Presiden, Menkopolhukam Tak Ikut Campur

 

JAKARTA – Mahfud Md menerima kedatangan ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat dan tim kuasa hukum serta perwakilan marga Hutabarat. Mahfud mengatakan dirinya tidak mengeluarkan pendapat saat ayah Brigadir J menyampaikan keluhan dan pandangan.

“Mereka menyampaikan keluhan dan pandangan, bahkan keyakinan dari sisi mereka tentang peristiwa di rumah Kadiv Propam Pak Sambo, itu dari sisi mereka. Saya catat semua dan saya tidak berpendapat tentang kasus itu, saya hanya mencatat, cerna,” ujar Mahfud di kantornya, Rabu (3/8/2022).

Mahfud mengatakan dirinya tidak boleh ikut campur dalam proses penanganan kasus Brigadir J. Ia mengaku bertugas mengawal kebijakan agar kasus ditangani dengan benar dan terbuka.

“Soal pendapat dan proses itu saya tidak boleh ikut campur. Tugas saya adalah mengawal kebijakan dan arahan Presiden (Joko Widodo) bahwa harus dibuka dengan benar,” tuturnya

Seperti diketahui sebelumnya, ayah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Samuel Hutabarat, menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena memberi atensi pada kasus kematian anaknya. Samuel juga terkesan oleh analogi yang pernah disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md menyikapi kasus kematian Brigadir J.

“Kepada Pak Jokowi pun kami ucapkan terimakasih atas perhatian, sudah mengucapkan tiga kali agar upaya (pengungkapan kasus kematian Brigadir J) ini dibuka selebar-lebarnya, jangan ada yang ditutup-tutupi,” kata Samuel usai bertemu Mahfud Md di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).

Dia juga mengapresiasi sikap Mahfud yang merespons tegas kasus Brigadir Yoshua sedari awal mencuat ke publik. Samuel lalu mengutip perumpamaan yang pernah diutarakan Mahfud Md terkait kasus Brigadir J.

“Dan kepada Mahfud yang pertama kali merespon persoalan ini, kami sangat berterima kasih sekali. Sampai Pak Mahfud mengatakan kalau mencari tikus dalam suatu lumbung, jangan lumbungnya dibakar,” tutur Samuel.

“Kalau kami maknai ini artinya sudah sangat mendalam bagi kita semua,” imbuh Samuel.(SW)

Respon (2)

  1. Ping-balik: Swasembada Beras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *