Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Tips Menurunkan Berat Badan
Tips Menurunkan Berat Badan (Ilustrasi:KromaWellnes)

Menurunkan berat badan dengan cara yang tepat dan benar. Berat badan yang berlebih menurunkan tingka percaya diri terhadap penampilan kita.

Diet atau menurunkan berat badan secara aman, sehat dan seimbang tentu perlu olahraga dan atur pola makan yang seimbang. Hal ini memang terdengar mudah dan sederhana, nyatanya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan bagi kebanyakan orang.

Maka tidak heran jika banyak orang memilih cara instan, seperti meminum pil diet atau teh jati cina penurun berat badan. Padahal, kedua penggunaan tersebut tidak disarankan untuk tubuh.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara yang mudah asalkan dilakukan dengan bertahap, disiplin, dan konsistes.

Berikut ini ialah 5 cara mudah yang perlu kamu terapkan untuk menurukan berat badan

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat membantumu mengurangi berat badan. Hal ini terjadi saat kamu kurang tidur maka akan berpengaruh pada produksi hormon ghrelin dan leptin.

Hormon ghrelin dapat merangsang nafsu makan sedangkan hormon leptin akan mengirim sinyal kenyang ke otak.

2. Olahraga rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu prose periakaran lemak , membangun otot, dan membantu defisit (pengurangan) kalori.

Apabila ketersediaan waktu olahraga terbatas dapat diganti dengan memperbanyak aktivitas yang melibatkan fisik.

3. Minum air putih yang cukup

Penelitian yang terbit dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menjelaskan bahwa konsumsi air mineral yang cukup dapat mencegah lemak yang tertimbun di sekitar perut.

Minum air putih dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga berat badan akan berkurang secara alami

4. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan

Kelebihan gula dapat memicu hormon insulin sehingga dapat meningkatkan penyimpanan lemak di jaringan adiposa yang berdampak pada penambahab berat badan.

Selain itu, kurangi konsumsi karbohidrat olahan karena makanan ini tidak mengandung serat dan nutrisi lainnya. Karbohidrat cepat dicerna dan diubah menjadi glukosa dengan cepat.

5. Perbanyak asupan serat dan protein

Makanan berserat dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan kalori yang rendah.

Sedangkan, konsumsi makanan protein dapat membantu mengatur hormon nafsu makan. Kamu bisa mengganti camilan yang lebih sehat dan mengenyangkan seperti mengonsumsi buah-buahan.