Tips Menambah Berat Badan dalam Seminggu secara Alami

Tips Menambah Berat Badan agar Ideal
Tips Menambah Berat Badan agar Ideal (foto:Canva)

Tips menambah berat badan supaya badan menjadi idel. Ada beberapa cara yang paling baik untuk menambah berat badan, salah satunya yaitu dengan mengatasi terlebih dahulu penyakit atau kondisi yang bisa saja menjadi penyebab berkurangnya berat badan.

Apabila kondisi tersebut sudah bisa diatasi, maka berat badan pun akan menjadi mudah bertambah dan badan kamu bisa menjadi ideal atau tidak terlalu kurus.

Tak hanya mengatasi penyakit tertentu, ternyata juga ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan secara sehat dan aman, yaitu:

  1. Pilihlah Makanan Sehat yang Kaya Nutrisi

Tips yang pertama adalah kamu tidak diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan yang berlemak dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Supaya kamu bisa menambah berat badan cepat dan lebih sehat, tentu saja kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Makanan yang bergizi seimbang ini bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur hingga ikan.

Bahkan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi. Tapi, suplemen tambahan tersebut harus sesuai anjuran dokter.

  1. Makan Lebih Sering Tapi dengan Porsi Kecil

Secara umum, seseorang yang kekurangan berat badan atau terlalu kurus ini akan lebih sering merasa cepat kenyang.

Daripada makan dua tau tiga kali sehari dalam porsi besar, maka kamu lebih dianjurkan untuk makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering. Artinya, kamu bisa makan lebih sering tapi dengan porsi kecil untuk sekali makannya.

  1. Konsumsi Minuman yang Padat Kalori dan Kaya Nutrisi

Bukan hanya dari makanan, asupan nutrisi untuk menambah berat badan ini juga dapat diperoleh dari minuman yang padat kalori.

Minuman padak kalori dan kaya nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari smoothies, susu, yoghurt dan juga jus segar di sela waktu makan.

Tak hanya untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh, cara ini juga kamu lakukan supaya dapat terhindar dari dehidrasi.

  1. Pilihlah Camilan Sehat dan Tambah Asupan Kalori

Tips yang selanjutnya adalah usahakan untuk memilih camilan yang sehat dan cobalah untuk menghindari camilan gorengan. Tak hanya itu, dalam menambah berat badan secara alami ini, kamu perlu menambahkan tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari.

Usahakan untuk memilih sumber kalori tambahan yang sehat, seperti dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan atau juga bisa dengan krim dan susu pada sup.

Ingat ya, kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori supaya tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam dan kolesterol.

  1. Rutin Berolahraga

Tahukah kamu, jika olahraga secara rutin ini tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ternyat, rutin berolahraga ini bisa juga untuk menambah berat badan secara sehat dan alami.

Apabila kamu rutin berolahraga, maka tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan tubuh juga akan memangkas kelebihan lemak.

Tak hanya itu, dengan rajin olahraga ini juga dapat menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori untuk tubuh kamu bisa meningkat.

Buat kamu yang terlalu kurus dan ingin menambah berat badan agar terlihat idela, maka kamu bisa mengikuti tips di atas. Apabila kamu memulai pola makan sehat dan rutin berolahraga, tentu saja ini dapat membantu kamu mencapai berat badan yang lebih ideal.