Pemakaman Ratu Elizabeth II Dipadati Ribuan Orang, Ada yang Berkemah

 

LONDON- Pemakaman Ratu Elizabeth II Dipadati Ribuan Orang, Ada yang Berkemah. Kerumunan banyak orang memadati kota London, Inggris, sejak Minggu (18/9) malam hingga Senin (19/9) pagi demi menyaksikan langsung prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Beberapa orang bahkan nekat berkemah demi mendapatkan barisan terdepan untuk menonton seremoni pemakaman Ratu Elizabeth II yang langka itu.

Seperti dilansir AFP, Senin (19/9/2022), saat fajar menyingsing di atas Sungai Thames, aliran warga berbondong-bondong keluar dari stasiun bawah tanah Embankment menuju Alun-alun Parlemen di London.

Namun banyak orang lainnya yang sudah tiba di lokasi yang sama, beberapa dari mereka menginap dan berkemah dengan membawa sleeping bag di belakang pagar besi yang telah dipasang di sepanjang distrik pemerintahan Whitehalll, di mana prosesi pemakaman akan melintas.

“Itu bagian dari sejarah,” tutur Bethany Beardmore (26), yang saudara laki-lakinya merupakan anggota Grenadier Guard dan berpartisipasi dalam seremoni itu.

“Tidak dalam seumur hidupku akan ada Ratu lainnya,” imbuhnya.

Beardmore tiba di lokasi sejak Minggu (18/9) malam, sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Dia berniat menginap di lokasi, namun mendapati dirinya sulit tertidur di tengah udara dingin. “Semua orang mengobrol,” ucapnya.

Jamie Page (41), yang mantan tentara dan pernah mengabdi dalam Perang Irak, menuturkan dirinya naik kereta dari rumahnya di Horsham, London bagian selatan, pukul 05.00 pagi waktu setempat.

“Saat berumur 16 tahun, saya menyatakan sumpah setia pada Ratu. Beliau sudah menjadi bos saya. Beliau berarti segalanya. Beliau seperti anugerah dari Tuhan,” ucap Page yang mengenakan medali militernya.(SW)