Wisata Alam Jogja, Inilah Spot Menarik untuk Liburan Akhir Tahun

Wisata Alam Jogja
Wisata Alam Jogja (Ilustrasi:JogjaKita)

Wisata alam Jogja menjadi spot menarik untuk liburan akhir tahun. Wisata alam menjadi salah satu tempat healing yang populer dengan nuansa alam yang asri dan pemandangan yang memesona.

Kota Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang menyediakan wisata alam yang beragam. Berikut 7 rekomendasi wisata alam Jogja yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Yogayakarta:

1. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata ini dapat ditempuh selama 46 menit jika berangkat dari pusat kota.

Pantai drini menyediakan beragam fasilitas, salah satunya yaitu permainan air kano. Permainan ini dapat dilakukan oleh wisatawan dengan menyewa kano dan mendayung berkeliling pantai.

Wisata Pantai Drini memiliki pantai yang cukup panjang dengan pemandangan indah dan air lautnya bening.

2. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata ini berupa telaga buatan dengan air yang berwarna biru jernih dan dikelilingi tebing dari Gunung Api Nglanggeran.

Embung ini juga berfungsi untuk mengaliri kebun buah yang ada di sekitar yang menambah kesejukan.

3. Bukit Panguk Kediwung

Tempat wisata bukit panguk kediwung terletak di Dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY. Tempat wisata ini mempunyai pesona negri di atas awan dengan kabut yang pekat.

Pengunjung dapat berdiri di salah satu gardu pandang yang terletak menjorok dengan tebing seperti berdiri di atas awan untuk menikmati keindahan alam.

4. Curug Luweng Sampang

Tempat wisata Curug Luweng Sampang merupakan wisata aliran air terjun yang diapt oleh batuan cadas indah yang membentuk lubang terbuka yang artistic.

Batuan di sekitar aliran memiliki tekstur garis-garis akibat tergerus erosi air sungai. Tempat ini memiliki udara yang sejuk, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berenang ataupun bermain air.

5. Goa Jomblang

Goa jomblang merupakan tempat wisata yang terletak di gunung kidul, yogyakarta. Pengunjung yang datang sekitar pukul 10.00 sampai 12,00 dapat menikmati cahaya yang menembus goa yang dikenal dengan cahaya surga.

Goa ini berbentuk vertikal dan mempunyai hutan purba di dalam goa tersebut.

6. Hutan Pinus Pengger

Wisata alam hutan pinus pengger terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Sendangtari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini dapat ditempuh selama 50 menit dari pusat kota Jogja.

Hutan Pinus Pengger menyediakan banyak spot untuk bersantai di bawah pohon pinus. Selain itu wisata ini memiliki tempat foto buatan dengan tema alam yang terbuat dari kayu, bambu, ataupun akar pohon.

Spot foto yang populer di wisata ini yaitu tangan raksasa, jembatan kayu, rumah kurcaci, taman hammock, hingga terowongan akar.

7. Grojongan Lepo Dlingo

Grojongan Lepo Dlingo berlokasi di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul, DIY. Tempat wisata ini memberikan pesona alam yang indah dari air terjun yang memiliki sensasi alam yang mendamaikan.

Air terjun ini memiliki 4 tingkatan yang sangat artistic. Pengunjung dapat menikmati air terjun ini dengan berendam di bawah terjunan air.