hainews.co.id – Pemasaran dan branding adalah dua elemen penting yang saling berkaitan dalam dunia bisnis. Keduanya memiliki tujuan utama untuk menarik perhatian konsumen, membangun citra yang kuat, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Namun, meskipun keduanya erat hubungannya, branding dan pemasaran memiliki perbedaan yang signifikan. Branding berfokus pada bagaimana membangun citra positif sebuah produk atau jasa agar selalu diingat oleh konsumen, sementara pemasaran bertujuan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan guna memasarkan produk tersebut.
Sayangnya, banyak bisnis yang tidak menyadari kesalahan-kesalahan dalam branding yang dapat mempengaruhi efektivitas pemasaran dan bahkan mengganggu penjualan. Untuk membangun merek yang kuat dan menarik perhatian konsumen yang tepat, penting bagi pelaku usaha untuk menghindari kesalahan branding berikut ini:
1. Menargetkan Audiens yang Salah
Salah satu kesalahan umum dalam branding adalah tidak menargetkan audiens yang tepat. Branding membutuhkan segmentasi pasar yang jelas agar penguatan merek dapat tepat sasaran. Jika branding dilakukan untuk seluruh audiens tanpa memperhatikan siapa target pasar yang sebenarnya, merek tersebut mungkin tidak akan melekat di benak konsumen.
2 Komentar