Apa Itu Dejavu dalam Bahasa Gaul? Cek Di Sini Artinya

Apa Itu Dejavu dalam Bahasa Gaul
Apa Itu Dejavu dalam Bahasa Gaul (Foto:Canva)

Apa itu dejavu dalam bahasa Gaul? Hingga saat ini, istilah dejavu masih sering digunakan sebagai bahasa Gaul dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa itu dejavu dalam bahasa Gaul? Untuk mengetahui artinya lebih lanjut, mari simak penjelasannya berikut ini.

Arti kata dejavu ini bukanlah kata buatan seperti kata jadul atau jaman dulu, cans atau cantik, goks atau gokil/gila, ntaps atau mantap dan sebagainya.

Dejavu ini adalah salah satu istilah yang terdapat dalam bidang neurosains. Neurosains sendiri adalah suatu sistem pendidikan yang mempelajari tentang sistem kerja saraf.

Dikutip dari Musi dan Nurjanah (2021: 120) dalam bukunya yang berjudul Neurosains: Menjiwai Sistem Saraf dan Otak menjelaskan bahwa, dejavu merupakan sebuah hasil dari pengecekan yang dilakukan oleh otak terhadap sebuah memori kita dan akan memastikan memori yang terdapat di otak kita ini masih berjalan dengan normal.

Jika dilihat dari asal-usul katanya, dejavu ini berasal dari bahasa Perancis, yakni déjà-vu yang memiliki arti sebagai sudah pernah melihat.

Maka dari itu, dapat diketahui dejavu sendiri adalah sebuah fenomena atau sesuatu yang menggambarkan seseorang yang dapat merasakan bahwa dirinya sudah pernah mengalami suatu atau kejadian yang sedang terjadi pada saat ini.

Umumnya, orang yang mengalami dejavu ini biasanya sering dianggap mistis bagi sebagian orang, karena seseorang seperti dapat mengatahui masa depan yang akan terjadi nantinya.

Perlu diketahui, dejavu ini merupakan salah satu fenomena neurologis yang tentunya memiliki beberapa penjelasan, di antaranya adalah:

  1. Dejavu ini dapat terjadi saat otak menemukan persamaan dari peristiwa yang sedang terjadi dengan peirstiwa yang sudah terjadi sebelumnya.
  2. Dejavu ini akan terjadi saat seseorang sedang tidak fokus saat memperhatikan sesuatu.

Lantas, bagaimana jika seseorang sedang mengalami dejavu? Apakah mereka harus merasakan khawatir?

Nah, bagi beberapa orang ini dejavu yang dialami akibat dari epilepsi lobus temporal dan bagi penderita epilepsi tersebut, maka dejavu akan sering disertai dengan adanya gejala kejang-kejang.

Pengalaman dejavu ini mungkin saja membuat kamu berpikir sejenak tentang yang baru saja terjadi.

Bahkan, kamu akan mencoba mengingat-ingat pengalaman sebelumnya, sampai mengabaikan kondisi tersebut.

Perlu diketahui, para ahli memberikan beberapa pendapat mengenai apa itu dejavu dan penyebab dejavu yang berbeda-beda.

Dimana, sebagian besar setuju bahwa dejavu ini mungkin berhubungan dengan memori dalam beberapa cara.