Apa Itu IMEI HP? Cek Di Sini Artinya

Apa Itu IMEI HP dan Fungsinya
Apa Itu IMEI HP dan Fungsinya (Foto:canva)

Apa itu IMEI HP? IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah nomor identitas internasional yang terdiri atas 15 digit angka.

Peraturan IMEI ini telah dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk mencegah peredaran perangkat telekomunikasi ilegal di Indonesia.

Dengan adanya aturan tersebut, maka setiap perangkat yang dikenakan aturan seperti ponsel (handphone/hp), komputer maupun tablet ini wajib memiliki nomor IMEI yang terdaftar dalam pusat data Kemendag, Kemenperin dan juga telah diverifikasi oleh Kemenkominfo.

Apabila IMEI tidak terdaftar, maka perangkat tersebut tentu saja tidak dapat digunakan. Bahkan, kartu SIM pengguna juga akan ikut diblokir.

Jadi secara sederhananya, International Mobile Equipment Identity atau IMEI HP ini adalah nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah ponsel.

Nomor IMEI ini umumnya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya.

Digit nomor IMEI HP ini akan digunakan untuk memeriksa berbagai informasi dari ponsel tersebut, mulai dari asal ponsel dibuat, pabrikan hingga nomor model dari ponsel.

Sehingga, dapat dikatakan IMEI HP ini merupakan suatu identitas resmi yang dimiliki oleh ponsel kamu.

Bahkan, nomor IMEI ini juga digunakan oleh jaringan GSM untuk dapat mengidentifikasi perangkat ponsel yang mencoba untuk tersambung dengan jaringan tersebut.

Maka dari itu, IMEI ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler, tapi juga untuk memblokir ponsel yang hilang dan dicuri supaya tidak bisa tersambung ke jaringan GSM manapun.

Di Indonesia sendiri nomor IMEI HP ini bahkan digunakan untuk mencegah masyarakat menggunakan ponsel BM atau black market yang biasanya diimpor secara ilegal.

Sehingga, per tahun lalu semua ponsel black market yang nomor IMEInya tidak terdaftar secar resmi, maka tidak akan mendapatkan sinyal dari semua layanan penyedia seluler di Indonesia.

Berikut ini adalah struktur nomor IMEI HP yang ada saat ini, yaitu:

  • AA, yaitu dua digit awal pengidentifikasi badan pelaporan (reporting body) yang menunjukan pabrik yang disetujui oleh GSMA untuk mengalokasikan TAC atau kode alokasi tipe perangkat seluler.
  • BBBBBB, yaitu sisa dari TAC.
  • CCCCCC, yaitu urutan serial model perangkat.
  • D, yaitu sebuah kode verifikasi yang digunakan untuk memeriksa ulang seluruh digit yang datang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *