Apa Itu NT? Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

Arti NT Bahasa Gaul yang Viral di TikTok
Arti NT Bahasa Gaul yang Viral di TikTok (Foto:Canva)

Apa itu NT? NT ini sekarang menjadi salah satu istilah yang ramai dipakai di TikTok, Instagram hingga Twitter.

Tahukah kamu, istilah NT ini merupakan sebuah singkatan dari dua kata bahasa Inggris yaitu Nice Try. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Nice Try ini memiliki arti sebagai usaha yang baik.

Istilah ini umumnya digunakan setelah seseorang mengusahakan sesuatu yang sudah lama diidamkan.

Hal ini juga bisa terkait tentang mendapatkan hati seorang wanita, bisa jadi tentang karier, bisa jadi juga pendidikan maupun yang lainnya yang memerlukan sebuah perjuangan atau usaha keras.

Sehingga, makna atau arti istilah dalam Bahasa Gaul ini merupakan suatu hal untuk menunjukkan apresiasi terhadap sebuah usaha atau perjuangan seseorang.

Contohnya adalah saat kamu dinyatakan lolos atau diterima di kampus pilihan, ada keinginan yang tercapai dan masih banyak contoh yang lainnya.

Tetapi, terkadang istilah ini juga digunakan untuk sarkas terhadap sebuah perjuangan seseorang yang tidak berhasil dengan menyebutkan NT atau nice try.

Tak hanya itu, ternyata masih ada arti lain NT dalam bahasa gaul. Dalam bahasa gaul lainnya, NT ini juga memiliki arti sebagai ‘Ente’.

Ente sendiri merupakan sebuah penyebutan untuk seseorang. Contohnya, saat kamu sedang bicara dengan seseorang, kamu bisa mengganti namanya dengan NT atau Ente.

Contoh penggunaan katanya dalam sebuah percakapan, yaitu:

  • “Eh NT jangan sakat-kate, jangan asal ngomong”.
  • “Bro, NT tau gak kalau si Nikita Mirzani sekarang ditahan Polisi”.

Namun, istilah ini sering digunakan untuk lebih merujuk pada apresiasi terhadap usaha yang dilakukan seseorang.

Umumnya, orang dengan istilah ini adalah orang yang tidak berhasil mendapatkan hal yang dia inginkan meski telah berusaha keras.

Jadi, berdasarkan hasil penelusuran di media sosial Twitter hingga TikTok, istilah ini mulai muncul saat musim pengumuman hasil tes masuk perguruan tinggi.

Bahkan, beberapa orang yang tidak lolos seleksi ini juga tetap membagikan hasil seleksi mereka dengan menambahkan caption Nice Try.

Sehingga, tidak mengherankan jika banyak pengguna sosial media menggunakan istilah ini sebagai caption ketika membagikan kegagalan mereka dalam seleksi masuk perguruan tinggi.