Jadwal Gerhana Matahari Hibrida 2023, Simak Kapan dan Dimana Bisa Disaksikan di Indonesia!

Jadwal Gerhana Matahari Hibrida 2023
Jadwal Gerhana Matahari Hibrida 2023 (Foto:Canva)

Gerhana matahari hibrida adalah salah satu fenomena alam yang jarang terjadi ini akan kembali hadir pada 20 April 2023 mendatang.

Gerhana matahari hibrida ini dapat disaksikan di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali sebagian utara Provinsi Aceh.

Namun, hanya wilayah yang dilewati oleh jalur total, seperti Maluku, Papua Barat dan juga Papua yang dapat menyaksikan gerhana matahari total secara penuh ini.

Menurut situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari terjadi ketika cahaya matahari terhalang oleh bulan sehingga tidak semua sinar matahari sampai ke bumi.

Sedangkan gerhana matahari hibrida ini dapat terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Sehingga, di suatu tempat tertentu akan terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan pada tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

Diketahui, jalur total gerhana matahari hibrida ini akan melintasi Samudra Hindia, sebagian kecil Australia, sebagian Indonesia dan Samudra Pasifik.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang, turut menjelaskan jika Indonesia hanya akan dilalui jalur gerhana Matahari total.

Sementara untuk di kedua ujung gerhana di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik hanya akan mengalami gerhana matahari cincin.

Untuk wilayah yang dilalui jalur total, BMKG memberikan informasi tentang waktu puncak gerhana matahari total di beberapa daerah di Maluku, Papua Barat, dan Papua ini berbeda-beda, yaitu:

Maluku

  • Pulau Kisar: 13.23.09 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 10 detik.
  • Pulau Maopora: 13.25.05 WIT yang berlangsung sekitar 0 menit 59 detik.
  • Pulau Damar: 13.28.25 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 24 detik.
  • Pulau Watubela: 13.40.49 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 5 detik.

Papua Barat

  • Kepulauan Antalisa: 13.45.14 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 11 detik.
  • Randepandai: 13.50.32 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 1 detik.
  • Roswar: 13.51.45 WIT yang berlangsung sekitar 0 menit 57 detik.
  • Pulau Num: 13.54.45 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 5 detik.

Papua

  • Wooi: 13.55.08 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 11 detik.
  • Serui: 13.55.08 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 11 detik.
  • Biak Kota: 13.57.18 WIT yang berlangsung sekitar 1 menit 5 detik.

Namun, untuk wilayah di luar jalur total, gerhana matahari hibrida masih dapat diamati sebagai gerhana matahari sebagian, yaitu ketika matahari terlihat seakan tertutup oleh bulan.

BMKG jugs menjelaskan bahwa pada saat puncak gerhana berlangsung di suatu tempat tertentu, matahari akan terlihat seperti cincin dengan bagian gelap di tengahnya dan terang di pinggirnya.

Tidak ada salahnya jika kamu menyaksikan gerhana matahari hibrida ini, namun pastikan untuk melakukannya dengan aman.

BMKG menyarankan agar pengamat menggunakan kacamata khusus gerhana matahari yang telah teruji kualitasnya atau melihat gerhana matahari secara online. Selamat menyaksikan fenomena alam yang spektakuler!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *