Jangan Lewatkan! Cara Melihat Gerhana Bulan Penumbra yang Akan Terjadi Pada 5-6 Mei 2023 dengan Mata Telanjang!

Cara Melihat Gerhana Bulan Penumbra
Cara Melihat Gerhana Bulan Penumbra (Foto:Canva)

Cara melihat Gerhana Bulan Penumbra yang akan terjadi pada tanggal 5-6 Mei 2023. Fenomena langit ini tentu saja dapat diamati dari Indonesia.

Fenomena langka Gerhana Bulan Penumbra ini dapat terjadi ketika posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar, sehingga Bulan hanya masuk ke dalam bayangan penumbra Bumi. Tentu saja kondisi ini menjadikan Bulan terlihat lebih redup dari biasanya saat purnama.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah memberikan jadwal lengkap Gerhana Bulan Penumbra pada berbagai zona waktu di Indonesia.

Menurut BMKG, fenomena langka ini akan terjadi mulai dari 22.12.09 WIB hingga berakhir pada 02.33.36 WIB, dengan durasi total sekitar 4 jam 18 menit.

Buat kamu yang ingi melihatnya di Indonesia, Gerhana Bulan Penumbra ini akan dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia ketika Bulan melewati bayangan luar Bumi.

Nantinya saat gerhana terjadi, Bulan akan terlihat gelap, tetapi tidak sepenuhnya tertutup. BMKG juga menyatakan bahwa seluruh fase gerhana dapat dilihat dari Indonesia.

Terdapat banyak daerah yang bisa dikunjungi untuk dapat menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan ini, termasuk Banda Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Palangka Raya, Makassar, Jayapura dan masih banyak lagi.

Cara Melihat Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada Mei 2023 ini bisa menjadi momen yang menarik untuk diamati, karena durasinya yang cukup lama, yaitu selama 4 jam 18 menit.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seluruh fase gerhana bulan ini dapat diamati di Indonesia. Jadi, jangan lewatkan momen ini untuk menyaksikannya langsung.

Berbeda dengan gerhana matahari yang memiliki resiko terhadap retina, gerhana bulan penumbra dapat diamati dengan mata telanjang tanpa harus khawatir terkena dampak negatif.

Namun, membedakan gerhana bulan penumbra dengan bulan purnama bisa sulit karena keduanya terlihat hampir sama. Namun, ada cara mudah untuk membedakannya, yaitu gerhana bulan penumbra memiliki cahaya yang lebih redup.

Untuk mendapatkan hasil pengamatan yang maksimal, gunakan teleskop agar dapat melihat gerhana bulan penumbra dengan lebih jelas.

Pastikan juga langit dalam keadaan cerah, tidak mendung, dan bulan tidak tertutup awan agar dapat menyaksikan gerhana bulan penumbra secara penuh.

Jadi, siapkan diri kamu untuk menyaksikan momen langka ini pada 5-6 Mei 2023 dan jangan lewatkan kesempatan untuk melihat gerhana bulan penumbra dengan mata telanjang