Waspada Hemangioma, Tumor Jinak yang Bisa Mengganggu Pernapasan

Hemangioma Tumor Jinak yang Bisa Mengganggu Pernapasan
Hemangioma Tumor Jinak yang Bisa Mengganggu Pernapasan (Foto:Canva)

Hemangioma ini adalah tumor vaskular jinak yang berproliferasi dengan cepat segera setelah lahir. Bahkan, tumor jinak ini akan mengalami regresi lambat saat masa kanak-kanak.

Hemangioma infantil ini adalah sebuah bentuk tumor jinak yang paling sering ditemukan pada anak-anak.

Dimana, tumor jinak ini akan terbentuk akibat proliferasi dan hiperplasia dari endotel yang abnormal dan juga sel-sel vaskular.

Pada bayi, tumor jinak ini bisa saja tampak sejak mereka baru dilahirkan atau akan terbentuk dalam beberapa minggu hingga bulan setelah kelahiran.

Bahkan, tumor jinak ini juga kerap disebut sebagai tanda lahir stroberi, karena adanya sebuah pengumpulan pembuluh darah ekstra.

Tanda lahir ini juga termasuk jinak dan umumnya akan muncul dalam beberapa minggu pertama kehidupan bayi.

Ada juga sebagian besar hemangioma ini muncul di wajah, kepala atau leher dan beberapa mungkin terlihat seperti bercak kemerahan yang seringnya berbentuk kenyal hingga bergelombang.

Penyebab

Perlu diketahui, hemangioma ini terbentuk dari pembuluh darah ekstra yang menggumpal dan lama kelamaan akan menjadi padat.

Hingga saat ini, kondidi yang menyebabkan pembuluh darah menggumpal ini masih tidak diketahui.

Umumnya, tumor jinak jenis ini akan lebih sering terjadi pada bayi yang berjenis kelamin perempuan, berkulit putih dan juga lahir prematur.

Inilah beberapa faktor yang bisa saja meningkatkan risiko munculnya kondisi ini, yaitu:

  • Bayi dengan jenis kelamin perempuan.
  • Bayi yang lahirnya prematur.
  • Bayi yang memiliki berat badan lahir yang cukup rendah.
  • Mempunyai kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua.
  • Mengalami gangguan perkembangan selama masih dalam kandungan.

Gejala

Hemangioma ini bisa jadi sudah ada saat lahir, namun tumor jinak ini akan lebih sering muncul selama beberapa bulan pertama kelahiran.

Adanya tumor jinak ini bisa diawali dengan tanda merah datar di bagian tertentu dalam tubuh dan yang paling sering di wajah, kulit kepala, dada atau punggung.

Secara umum, seorang anak ini akan hanya memiliki satu tanda dan beberapa anak lainnya mungkin akan memiliki lebih dari satu, apalagi jika mereka adalah bayi kembar.

Selama tahun pertama anak, tanda merah ini akan tumbuh dengan cepat menjadi sebuah benjolan kenyal layaknya karet yang menonjol dari kulit.

Tumor jinak ini kemudian akan mulai menghilang secara perlahan, umumnya akanmenghilang pada usia lima tahun dan sebagian besar hilang pada usia 10 tahun.