Pangeran Charles Naik Tahta dengan Nama Raja Charles III

 

LONDON – ;Pangeran Charles naik tahta dengan nama Raja Charles III setelah Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia. Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun.

Pangeran Charles memiliki beberapa nama yang bisa dipakai sesuai nama panjangnya yakni Charles, Philip, Arthur dan George. Namun akhirnya dia memilih pakai nama Raja Charles III.

Pangeran Charles saat ini berusia 73 tahun dan siap jadi raja. Mengutip dari BBC, Jumat (9/92022), tahta langsung diserahkan tanpa upacara kepada pewarisnya yaitu Charles, mantan Pangeran Wales. Meski demikian, nantinya akan ada beberapa tahapan tradisi yang harus ia lalui untuk dinobatkan menjadi raja.

Lewat akun media sosial resminya, keluarga Kerajaan Inggris juga langsung merujuk Pangeran Charles sebagai Raja. Sementara itu, istri Charles yaitu Camilla menjadi permaisuri atau queen consort.

“Raja dan permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan kembali ke London besok,” demikian keterangan keluarga Kerajaan Inggris merujuk Charles dan Camilla.

Charles juga sudah buka suara usai meninggalnya sang ibu. Dia mengungkapkan rasa duka dan berkabung yang mendalam.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” pernyataan resmi Charles dikutip dari Twitter Royal Family, Jumat (9/9/2022).

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai,” katanya.

Bendera Inggris yang berada di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30 waktu setempat.

Saat berita kematian Ratu Elizabeth II diumumkan, ratusan orang berkumpul di luar gerbang Istana Buckingham. Beberapa di antaranya menangis.

Ratu Elizabert II merupakan Ratu Inggris yang paling lama dimana sejak usia 25 tahun Ratu Elizabeth II naik tahta dan dilayani oleh 15 perdana menteri selama menjabat.

Dia berhasil mengarahkan monarki melalui banyak badai selama dekade perubahan yang bergejolak dengan popularitas pribadinya memberikan pemberat selama masa institusi yang lebih sulit.

Dikutip dari The Guardian pihak Istana St James di London bakal mengumumkan sesegera mungkin Pangeran Charles sebagai raja atau pewaris tahta Ratu Elizabeth II.(SW)