Pesulap Merah Dilaporkan ke Polisi Karena Hina Profesi Dukun

 

JAKARTA – Perseteruan Pesulap Merah dengan Gus Samsudin yang belakangan viral membuat para dukun bereaksi. Gus Samsudin yang dianggap sebagai dukun oleh Pesulap Merah dikatakan telah menipu para pasiennya.

Tak hanya itu Pesulap Merah yang memiliki nama asli Marcel Radhival juga menyebut para dukun sebagai tukang tipu. Tapi yang dimaksud dukun di sini menurut Marcel adalah bukan dukun beranak atau pengobatan dengan obat-obat herbal dari tanaman. Melainkan dukun yang kerap melibatkan hal-hal ghaib.

Meski begitu, pernyataan Marcel tetap saja tidak bisa diterima oleh para dukun. Marcel dilaporkan ke pihak kepolisian karena dianggap menghina profesi dukun. Yang melaporkan dari pihak Persatuan Dukun se Indonesia ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Dikutip dalam kanal YouTube Cumi cumi, Selasa (9/8/2022), salah satu anggota Persatuan Dukun membeberkan alasannya melaporkan Pesulap Merah. “Jadi beredar video di sosial media yang dilakukan oleh Marcel Radhival yang menghina profesi dukun,” ujarnya.

Sementara itu, Pesulap Merah diduga menyebut dukun sebagai pelaku penipuan dan pencabulan. Persatuan Dukun melaporkan Pesulap Merah atas pelanggaran UU ITE.

“Dia bilang bahwa dukun profesinya sebagai penipu dan pencabulan, makanya kami di sini melaporkan dengan dugaan UU ITE,” ujarnya.

Selama ini, para dukun-dukun tersebut mendapatkan dampak akibat ulah Marcel Radhival. Mereka mengaku kehilangan pekerjaan karena hilangnya kepercayaan dari masyarakat.

Sementara itu, bukan hanya trik dukun pengobatan ghaib saja yang dibongkar Marcel, tapi juga pawang hujan.

Aksi Pesulap Merah dalam membongkar trik pawang hujan menjadikan sosok Rara Istiani Wulandari atau Mbak Rara terseret. Namun, Pesulap Merah menegaskan ia membongkar trik seluruh pawang hujan di Indonesia, bukan hanya Mbak Rara.

“Pertama yang perlu diluruskan, saya nggak pernah membongkar pribadi, saya tidak pernah membongkar Rara, yang saya bongkar adalah pawang hujan keseluruhan,” jelas Pesulap Merah, dikutip dari kanal YouTube Nit Not Media, Senin (8/8/2022).

“Saya menggeneralisir, kalau pawang hujan ya pawang hujan semua yang saya maksud, bukan satu orang doang gitu,” tambahnya.

Ia pun menerangkan, niatnya membongkar trik perdukunan dan pawang hujan adalah sebagai bentuk edukasi. Karena itu, Pesulap Merah tak masalah apabila ada sebagian orang yang tidak terima atas pernyataannya.(SW)