Sinopsis Oppenheimer, Film Lika-liku Kisah Kehidupan Bapak Bom Atom

Sinopsis Oppenheimer, Film Lika-liku Kisah Kehidupan Bapak Bom Atom"
Sinopsis Oppenheimer, Film Lika-liku Kisah Kehidupan Bapak Bom Atom" (IMDb)

Sinopsis Oppenheimer yang mengisahkan sebuah film biopik thriller yang mengisahkan tentang kehidupan Julius Robert Oppenheimer, yang juga dikenal sebagai bapak bom atom.

Inspirasi film Oppenheimer diambil dari buku dengan judul “American Prometheus”. Buku ini ditulis oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Dalam film “Oppenheimer”, sang sutradara, Christopher Nolan, menggandeng aktor terkenal Cillian Murphy sebagai bintang utama, memerankan J. Robert Oppenheimer.

Sinopsis film Oppenheimer mengisahkan tentang perjalanan hidup Julius Robert Oppenheimer.

Ia merupakan seorang fisikawan yang ada di balik pembuatan senjata nuklir pertama dalam Proyek Manhattan pada era Perang Dunia II.

Sebelum menjadi seorang fisikawan yang memimpin proyek tersebut, Oppenheimer awalnya adalah seorang mahasiswa di Universitas Cambridge yang kemudian melanjutkan studinya di Gottingen dan meraih gelar profesor.

Selanjutnya, Oppenheimer berkarier sebagai dosen dan, pada saat bersamaan, mulai mendukung gerakan-gerakan reformasi.

Ia kemudian dituduh sebagai anggota partai komunis, meskipun ia selalu membantah tuduhan tersebut.

Pada tahun 1939, ketika Franklin D. Roosevelt menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, kekhawatiran mengenai Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler yang sedang mengerjakan senjata nuklir muncul.

Hal ini mendorong Amerika Serikat untuk mengembangkan senjata nuklir mereka sendiri, yang dimulai pada tahun 1942.

Proyek ini melibatkan sejumlah ilmuwan yang dipimpin oleh Oppenheimer dan berada di bawah arahan Jenderal Leslie Groves Jr.

Proyek yang dikerjakan di Los Alamos, New Mexico, mengalami perubahan arah ketika Hitler bunuh diri pada tanggal 30 April 1945.

Amerika Serikat kemudian memutuskan untuk menjatuhkan bom atom di dua kota Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Meskipun berhasil menciptakan senjata mematikan tersebut, pencapaian Oppenheimer tidak membawa kebahagiaan.

Hidupnya dihantui oleh penyesalan dan berbagai hambatan usai proyek tersebut selesai.

Film “Oppenheimer” ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan yang terinspirasi dari buku “American Prometheus” karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Cillian Murphy dipercaya sebagai pemeran utama, memerankan J. Robert Oppenheimer. Proyek ini menjadi film pertama Murphy sebagai pemeran utama dalam film karya Nolan setelah beberapa kali bekerja sama.

Selain Cillian Murphy, “Oppenheimer” juga menampilkan sejumlah aktor ternama Hollywood, termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer yang bernama Katherine alias Kitty, Matt Damon sebagai Jenderal Leslie Groves Jr., yang merupakan direktur Proyek Manhattan, dan Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss, ketua Komisi Energi Atom (Atomic Energy Commission/AEC).

Film ini juga dibintangi oleh Florence Pugh, Josh Hartnett, Rami Malek, Kenneth Branagh, Matthew Modine, Casey Affleck, Tom Conti, dan Gary Oldman.

“Oppenheimer” telah tayang di bioskop Indonesia sejak tanggal 19 Juli 2023.

Film ini menawarkan kisah yang menegangkan dan mengharukan tentang perjalanan hidup seorang fisikawan brilian yang berkontribusi besar dalam sejarah senjata nuklir.

Dengan penggabungan talenta aktor ternama dan arahan Christopher Nolan, film ini diharapkan dapat memberikan pengalaman sinematik yang tak terlupakan bagi para penontonnya.