Apa Itu Kalopsia? Bahasa Gaul yang Viral di Sosial Media

Kalopsia Bahasa Gaul yang Viral di Sosial Media
Kalopsia Bahasa Gaul yang Viral di Sosial Media (Foto:Canva)

Kalopsia menjadi salah satu kosakata bahasa gaul yang sedang viral di berbagai sosial media, mulai dari Twitter, TikTok, Instagram hingga Facebook.

Kata kalopsia ini berasal dari bahasa yunani kuno, yaitu dari “kallos” yang memiliki arti sebagai cantik dan kata “opsis” yang memiliki arti sebagai mata.

Jika diartikan secara sederhana, kalopsia ini berarti adalah sebuah kecantikan yang ada di mata.

Bahkan, arti ini sangat cocok dengan filosofi dari Plato yang menyebutkan bahwa kecantikan maupun keindahan itu relatif tergantung berdasarkan mata yang melihatnya.

Sehingga, definisi cantik atau indah ini memang sangat relatif, karena apa yang menurut kita menarik, belum tentu hal itu dianggap menarik oleh orang lain.

Sementara dalam bahasa Inggris, kalopsia ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai pemandangan yang indah atau mata yang indah.

Tetapi yang paling banyak dipakai adalah definisi dari Urban Dictionary, yang mengartikan kata tersebut sebagai sebuah kondisi di mana seseorang dapat melihat sesuatu yang jauh lebih indah jika dibanding dengan aslinya.

Bahkan, definisi ini juga dipertegas dengan definisi lain yang menyebutkan bahwa istilah tersebut adalah sebagai salah satu bentuk delusional yang membuat seseorang tidak mampu menyadari secara nyata dan akan menganggap suatu hal tersbut jauh lebih baik daripada kondisi yang sebenarnya.

Istilah ini memang sangat jarang digunakan oleh orang awam dalam percakapan sehari-hari, karena pemakaian kata ini biasanya menggunakannya lebih banyak sebagai kata kiasan.

Inilah beberapa contoh penggunaan kata istilah kalopsia dalam bahasa gaul yang digunakan oleh netizen di berbagai sosial media.

Contohnya orang-orang yang ada di sebuah pesta akan terlihat jauh lebih menarik saat pesta itu akan berakhir, kemudian kalimat yang bisa dipakai adalah “Ruangan ini akan penuh dengan kalopsia efek”.

Contoh lainnya, misalnya seorang perempuan A sangat jatuh cinta dan sangat menganggap laki-laki B sangat menarik, padahal semua orang sangat setuju bahwa laki-laki B nakal dan bukan orang yang bertanggung jawab.

Sehingga, tak heran bila banyak orang bergosip, “Si A nih, nggak bisa apa ya lihat kenyataan sebenarnya, dia pasti kena kalopsia”.

Itulah pengertian dari kata kalopsia yang sedang viral di berbagai sosial media dengan beberapa contoh penggunaannya.