Apa Itu Thalasemia Minor? Inilah Gejala dan Penyebabnya

Thalasemia Minor
Thalasemia Minor (Foto:Canva)

Apa itu thalasemia minor? Thalasemia ini merupakan sebuah kelainan darah bawaan yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

Umumnya, penderita thalasemia ini mempunyai terlalu sedikit sel darah merah dan terlalu sedikit hemoglobin atau sel darah merah yang mungkin terlalu kecil.

Jenis thalasemia yang tergolong ringan adalah thalasemia minor. Thalasemia minor ini merupakan jenis thalasemia yang hanya mempunyai satu salinan gen beta thalassemia (bersama dengan satu gen rantai beta yang sangat normal).

Pada umumnya, orang dengan thalasemia minor ini akan mengalami anemia ringan atau sedikit penurunan kadar hemoglobin dalam darah.

Jenis thalasemia lainnya adalah thalasemia mayor, dimana thalasemia jenis ini biasanya kondisinya lebih parah.

Gen thalasemia ini dapat diturunkan dari seorang penderita ke anaknya. Jika seseorang mempunyai thalasemia jenis ini meski tidak menunjukkan gejala apa pun, bisa jadi gen yang bermasalah tetap dapat diturunkan ke anak atau keturunannya.

Sehingga, thalasemia ini dapat terjadi ketika rusaknya gen pembentuk hemoglobin, yaitu rantai alfa dan beta, dimana seseorang ini bisa saja mengalami thalasemia beta ataupun alfa minor.

Tanda-tanda atau gejala dari thalasemia jenis minor ini umumnya bersifat ringan, bahkan tidak tampak sama sekali.

Kondisi ini dikarenakan sel darah merah yang terdampak oleh kondisi ini jumlahnya tidak terlalu banyak.

Pada dasarnya, orang-orang yang tidak memiliki gejala sama sekali ini sering disebut juga dengan carrier atau pembawa sifat thalasemia.

Walaupun memiliki sedikit masalah di sel darah merahnya, namun persebaran oksigen di dalam darahnya masih dapat bekerja dengan normal.

Tetapi, ada juga pengidap thalasemia minor ini yang menunjukkan gejala-gejala yang menyerupai anemia ringan.

Dimana gejala yang umum dirasakan ini adalah sering merasa lelah hingga kulit menjadi terlihat pucat.

Bisa jadi terdapat tanda-tanda dan gejala lain dari penyakit ini yang belum disebutkan, maka dari itu untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa diskusikan dengan dokter.

Thalasemia ini diketahui sebagai penyakit yang dipicu oleh faktor genetik. Dengan kata lain, penyebab utama dari penyakit thalasemia ini adalah adanya mutasi gen di dalam tubuh. Gen yang bermasalah ini nantinya akan memengaruhi produksi hemoglobin, zat yang terdapat di dalam sel darah merah.