Ini Dia Aturan Ketat yang Harus Dipatuhi Selama Hari Raya Nyepi di Bali! Penasaran?

Aturan Ketat yang Harus Dipatuhi Selama Hari Raya Nyepi di Bali
Aturan Ketat yang Harus Dipatuhi Selama Hari Raya Nyepi di Bali (Foto:Canva)

Aturan ketat yang harus dipatuhi selama Hari Raya Nyepi di Bali. Hari Raya Nyepi adalah hari raya besar yang dirayakan oleh masyarakat Bali setiap tahunnya. Hari Raya Nyepi 2023 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023.

Secara umum, pelaksanaan Hari Raya Nyepi ini dilakukan dengan keheningan dan kehikmatan mulai pukul 06.00 selama 24 jam.

Hari raya ini memiliki aturan yang sangat ketat dan wajib dipatuhi oleh seluruh masyarakat Bali, baik itu penduduk asli maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali.

Aturan tersebut dibuat agar semua orang dapat merayakan hari raya ini dengan tenang dan khidmat. Berikut ini adalah aturan Hari Raya Nyepi di Bali yang wajib dipatuhi:

  • Tidak boleh bepergian atau melakukan aktivitas di luar rumah

Pada Hari Raya Nyepi, masyarakat Bali tidak boleh melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk bepergian ke tempat lain. Seluruh toko, restoran, dan tempat hiburan ditutup selama 24 jam, termasuk bandara dan pelabuhan. Bahkan, seluruh lampu di Bali dimatikan pada malam hari untuk memberikan kesan keheningan dan ketenangan.

  • Tidak boleh menyalakan api dan listrik

Pada Hari Raya Nyepi, masyarakat Bali juga tidak boleh menyalakan api atau listrik. Selama 24 jam, seluruh rumah di Bali harus matikan listrik dan api, termasuk lampu, televisi, dan kulkas. Hal ini dilakukan untuk menghormati dewa-dewa dan memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

  • Tidak boleh mengadakan acara atau kegiatan yang berisik

Selama Hari Raya Nyepi, masyarakat Bali tidak boleh mengadakan acara atau kegiatan yang berisik. Hal ini dilakukan agar suasana hari raya Nyepi tetap tenang dan khidmat, serta menghormati dewa-dewa yang dipercayai sedang beristirahat selama 24 jam.

  • Tidak boleh melakukan pekerjaan dan berdagang

Pada Hari Raya Nyepi, tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan, bahkan pedagang juga harus tutup. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang berada di Bali disarankan untuk mempersiapkan kebutuhan makanan, obat-obatan, atau hal-hal lain yang diperlukan.

Demikianlah aturan Hari Raya Nyepi di Bali yang wajib dipatuhi. Meskipun aturan ini terlihat sangat ketat, namun hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghormati dewa-dewa.

Oleh karena itu, para wisatawan yang berkunjung ke Bali pada Hari Raya Nyepi 2023 diharapkan untuk menghormati aturan ini dan menghargai budaya Bali.