Jangan Biarkan Sakit Gigi Mengganggu Kegiatanmu! Ini Dia 5 Bahan Alami di Dapur yang Bisa Meredakan dengan Mudah!

Cara Meredakan Sakit Gigi
Cara Meredakan Sakit Gigi (Foto:Canva)

Cara meredakan sakit gigi dengan bahan alami. Sakit gigi adalah kondisi yang sangat tidak nyaman dan dapat membuat aktivitas sehari-hari terganggu.

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit gigi antara lain gigi berlubang, peradangan gusi, atau infeksi gigi.

Namun, sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan kimia, sebaiknya coba meredakan sakit gigi dengan bahan alami yang ada di rumah.

  • Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Caranya, ambil beberapa butir cengkeh dan kunyah sampai menghasilkan cairan.

Kemudian, letakkan di sekitar gigi yang sakit selama beberapa menit. Lakukan secara rutin hingga rasa sakit gigi mereda.

  • Bawang putih

Bawang putih adalah bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan sedikit garam.

Letakkan campuran tersebut pada gigi yang sakit selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Bawang putih juga dapat dikunyah langsung untuk membantu menghilangkan rasa sakit gigi.

  • Jahe

Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada gigi. Caranya, kupas dan cuci jahe, kemudian potong menjadi beberapa bagian dan rebus dengan air.

Setelah itu, saring air rebusan jahe dan gunakan sebagai obat kumur atau kompres pada gigi yang sakit.

  • Teh Peppermint

Peppermint merupakan bahan alami yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya, seduh teh peppermint dengan air panas dan biarkan selama beberapa menit.

Kemudian, dinginkan dan gunakan sebagai obat kumur atau celupkan kapas ke dalam teh peppermint dan tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi. Caranya, letakkan sedikit minyak kelapa di sekitar gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga rasa sakit gigi mereda.

Merawat gigi dengan bahan alami adalah alternatif yang baik untuk meredakan sakit gigi. Namun, jika rasa sakit gigi terus berlanjut atau tidak kunjung mereda, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.