Kesulitan Menghafal dengan Cepat? Ikuti Cara Ini

Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif
Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif (Foto:Canva)

Cara menghafal dengan cepat dan efektif, sehingga tidak mudah lupa. Menghafal dengan cepat ini merupakan sebuah kemampuan yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Hal ini tentu juga sangat penting untuk dapat meningkatkan produktivitas. Bagi pelajar sendiri, dengan bisa menghafal dengan cepat ini tentu saja akan membantu mereka untuk bisa memahami pelajaran dengan optimal.

Sementara, untuk kamu yang  sudah bekerja, kemampuan untuk bisa menghafal dengan cepat ini tentu saja dapat memaksimalkan performa di kantor.

Buat kamu yang sulit menghafal dengan cepat, simak tips atau cara menghafal dengan cepat berikut ini.

  1. Mencatat Kata Kunci dan Poin-Poin Penting

Pertaman, cobalah untuk selalu mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi, yang dirasa penting. Kamu bisa mencatat kata kunci atau poin tersebut pada secarik kertas maupun di aplikasi notes pada smartphone, tablet dan yang lainnya.

Namun, cara yang paling ampuh adalah mencatatnya dnegan tulisan tangan, karena dengan menulis menggunakan tanagan akan memiliki daya ingat yang lebih baik.

  1. Membaca Catatan Berulang Kali

Setelah dicatat dan disimpan, maka usahakan meluangkan waktu untuk membaca catatan yang telah Anda buat tersebut berulang kali.

  1. Membuat Sesi Tanya-Jawab

Selanjutnya, kamu bisa meminta bantuin kepada anggota keluarga, teman ataupun orang-orang terdekat untuk membuat sejumlah pertanyaan yang merujuk pada catatan yang telah kamu buat sebelumnya.

Cara ini bisa cukup efektif untuk membantu kamu dalam menguasai materi yang sedang dipelajari.

  1. Menghafal Bersama

Apabila kamu masih merasa kesulitan dalam menghafal, cobalah untuk membentuk sebuah kelompok belajar atau kelompok diskusi kecil-kecilan bersama dengan teman-teman kamu.

  1. Teknik ‘Jembatan Keledai’

Teknik ‘jembatan keledai’ ini merupakan salah satu teknik atau cara yang bisa coba kamu terapkan.

Teknik ini akan menghadirkan proses menghafal yang menyenangkan sehingga diharapkan pelakunya bisa mengingat sesuatu dengan cepat.

Misalnya, kamu hendak menghafal nama-nama bintang paling terang selain matahari, supaya lebih memudahkan kamu untuk mengingat, ambillah huruf awal dari nama-nama tersebut untuk bisa kamu jadikan kata-kata baru yang lebih familiar.

  1. Fokus pada Satu per Satu Materi

Tips selanjutnya coba untuk terhadap satu materi terlebih dahulu atau jangan mengahafal beberapa materi dalam satu waktu. Setelah benar-benar hafal, maka barulah kamu bisa pindah ke materi selanjutnya.

  1. Buat Cerita

Selanjutnya, cobalah untuk konsep buat cerita. Dengan membuat suatu cerita pendek berdasarkan kata-kata yang hendak dihafalkan ini bisa menjadi salah satu cara efektif agar kata-kata tersebut terpatri di memori otak.

  1. Visualisas

Seperti yang kita tahu, otak kita ini umumnya lebih cepat untuk mengingat atau menghafal sesuatu yang berwujud visual. Jadi, kamu bisa menerapkan cara menghafal dengan cepat yang satu ini untuk menghafalkan kata-kata yang sedang dihafalkan.

  1. Makan Makanan Bergizi

Kemampuan menghafal dengan cepat ini tentu saja ada kaitannya dengan kesehatan otak. Maka, apabila kamu ingin memiliki kemampuan tersebut, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara dan tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk istirahat yang cukup, karena otak juga perlu diistirahatkan agar fungsinya tetap optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *