Mana Yang Lebih Bagus Combed 30s atau 20s? Inilah Perbedaannya

Perbedaan Combed 30s dan 20s
Perbedaan Combed 30s dan 20s (Ilustrasi:WarungKaos)

Combed 30s dan 20s apa perbedaannya? Beberapa kaos yang ada di Distro memang selalu menjadi incaran para anak muda jaman sekarang demi menunjang fashion mereka.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kaos yang ada di distro kebayakan berbahan cotton combed 30s dan 20s.

Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan dari dua jenis kain katun tersebut? Buat yang penasaran, coba baca tulisan ini samapi habis ya.

Perbedaan Combed 30s dan 20s

Inilah lima perbedaan dari kain combed 30s dan 20s, yaitu:

1. Ketebalan Kain

Oke kita bahasa dari ketebalan kainnya dulu ya, kalau ternyata angka 20s atau 30s ini sejatinya menunjukkan jumlah benang. Artinya, angka tersebut mewakili ketebalan benang yang untuk dijadikan kain katun.

Sehingga, makin besar angkanya akan makin halus juga benangnya. Apabila diihat dari ketebalannya, combed 30s ini tentu saja akan jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan combed 24s.

Lantas apa sih arti dari huruf s yang ada dibelakang angka? Huruf s ini menandakan jumlah jarum rajutan, huruf ‘s’ sendiri merupakan singkatan dari single knitt.

2. Berat Kain

Perbedaan yang kedua adalah berat kain atau gramasi. Gramasi merupakan sebuah istilah untuk memperlihatkan berat kain dalam cotton combed tersebut. Satuan dari gramasi adalah gsm atau gram/meter persegi.

Secara umum, gramasi pada cotton combed 20s akan lebih berat jika dibandingkan dengan 30s. mengapa bisa begitu? karena ketebalan 20s ini yang lebih besar dari 30s.

Nah, gramasi untuk cotton combed 20s berkisar antara 175 hingga 185 gsm. Sedangkan, gramasi untuk kain cotton combed 30s berikisar anatara 140 hingga 160 gsm.

3. Kenyamanan

Perbedaan yang ketiga dari segi kenyamanannya. Kedua jenis tersebut mempunyai kenyamanan yang sama saat digunakan dan sama-sama terasa dingin atau sejuk.

Hanya saja, cotton combed 30s ini akan sedikit lebih ringan dan lebih dingin saat digunakan, karena bahan cotton combed 30s ini lebih tipis dan ringan apabila dibandingkan dengan yang 20s.

4. Kegunaan

Secara umum, 30s ini sering untuk kaus-kaus distro atau kaus polos yang akan siap disablon. Biasanya, combed 30s akan lebih cocok untuk para cowok dengan segudang aktivitas dicuaca yang panas.

Sedangkan, combed 24s ini umumnya sering untuk kaos distro yang khusus cewek, karena bahannya yang lebih tebal membuatnya tidak mudah menerawang saat dipakai.

Tak hanya itu, ternyata combed 24s ini juga sering sebagai bahan busana muslim.

5. Harga

Perbedaan terakhir yang paling mencolok adalah dari segi harga tentunya. Umumnya, harga 30s dan 20s ini tetap saja tergantung dari distro atau toko yang menjualnya ya.

Tetapi, harga kaos 20s ini harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan 30s walaupun kainnya tebal 20s ini lebih tebal.