Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika, Cari Tahu Di Sini!

Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika
Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika (Ilustrasi:ABC News)

Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika. Jika di Indonesia sekarang jam 12 siang, maka di Amerika jam berapa ya?

Sebelum kamu mengetahui jawabannya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa selisih perbedaan waktu Indonesia dan Amerika.

Perbedaan waktu rata-rata kedua negara tersebut adalah sekitar 10 jam. Perbedaan waktu dari kedua negara ini dipengaruhi oleh pembagian zona.

Dimana, untuk zona waktu di Indonesia terdiri dari WIB atau Waktu Indonesia Barat, WIT atau Waktu Indonesia Timur dan WITA atau Waktu Indonesia Tengah.

Sedangkan, zona waktu untuk di Amerika ini terdiri dari EST atau Eastern Standard Time, MST atau Mountain Standard Time, CST atau Central Standard Time dan PST atau Pasific Standard Time.

Jadi, perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika ini rata-rata lebih dari 10 jam. Sehingga, saat di Indonesia sekarang jam 12.00 siang maka di Amerika sekarang jam 12.00 tengah malam.

Perlu diketahui, salah satu yang menjadi penyebab perbedaan waktu di setiap negara ini dikarenakan letak astronomis yang berbeda di setiap negara tersebut.

Ternyata, hal tersebut tidak berlaku bagi Indonesia dan Amerika, karena kedua negara tersebut mempunyai perbedaan dalam zona waktu untuk disetiap daerahnya.

Zona Waktu Indonesia

Indonesia ini terbagi menjadi tiga wilayah zona waktu, yaitu:

1. Waktu Indonesia Barat atau disingkat dengan WIB

Zona waktu WIB ini meliputi wilayah Kepulauan Jawa, Kepulauan Sumatra serta sebagian wilayah Kalimantan (Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat).

2. Waktu Indonesia Timur atau disingkat dengan WIT

Zona waktu WIT ini meliputi wilayah bagian Papua, Papua Barat, Maluku serta Maluku Utara.

3. Waktu Indonesia Tengah atau disingkat dengan WITA

Zona waktu WITA ini meliputi bagian wilayah Kalimantan (Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan), Bali, Kepulauan Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Zona Waktu Amerika

Berikut ini zona waktu di Amerika beserta perbedaan waktu dengan di Indonesia, yaitu

  1. Perbedaan waktu EST (Eastern Standard Time) dan Indonesia ini mempunyai perbedaan waktu dengan Indonesia sekitar 12 hingga 14 jam.
  2. Perbedaan waktu CST (Central Standard Time) dan Indonesia ini sekitar 13 hingga 15 jam.
  3. Perbedaan waktu MST (Mountain Standard Time) dan Indonesia ini memiliki selisih perbedaan waktu sekitar 14 hingga 16 jam.
  4. Perbedaan waktu PST (Pasific Standard Time) dan Indonesia ini memiliki perbedaan waktu sekitar 15 hingga 17 jam.