Poco F5 Snapdragon 7+ Gen 2 Menjadi Smartphone High-End Terbaru dari Poco untuk Indonesia, Ini Keunggulannya

Poco F5 Snapdragon 7+ Gen 2 Menjadi Smartphone High-End Terbaru dari Poco untuk Indonesia, Ini Keunggulannya
Poco F5 Snapdragon 7+ Gen 2 Menjadi Smartphone High-End Terbaru dari Poco untuk Indonesia, Ini Keunggulannya (Foto: https://www.po.co/)

Poco siap menghadirkan smartphone high-end terbarunya, Poco F5, untuk pasar Indonesia. Sebagai penerus dari Poco F4 yang dirilis tahun lalu, smartphone ini membawa sejumlah peningkatan baik dari segi desain maupun performa.

Saat ini, belum ada informasi mengenai harga Poco F5. Namun, melihat pola harga seri sebelumnya, kemungkinan harga Poco F5 tidak akan berbeda jauh dengan Poco F4 yang dibanderol mulai dari Rp5,1 jutaan untuk varian terendahnya.

Poco F5 yang diluncurkan di Indonesia akan menggunakan chipset kelas high-range Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2.

Chipset baru yang digunakan ini diklaim mempunyai beragam keunggulan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Bahkan, chipset yang digunakan ini mungkin bisa disejajarkan dengan seri-seri di atasnya.

“Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm, menyatakan, “Seri 7 untuk segmen high end dan seri 8 untuk segmen premium dan memiliki fitur yang paling lengkap.”

Hal ini menunjukkan bahwa chipset Snapdragon 7+ Gen 2 dirancang untuk memberikan performa dan fitur yang luar biasa.

Performa Snapdragon 7+ Gen 2 di Poco F5

Chipset Snapdragon 7+ Gen 2 menawarkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 7 Gen 1. Pada prosesor (CPU), kecepatan clock Snapdragon 7+ Gen 2 mencapai 2,92 GHz, atau lebih cepat hingga 50 persen.

Ini adalah kali pertama seri Snapdragon 7 menggunakan Arm Cortex X-series untuk inti CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1.

Secara rinci, delapan inti Snapdragon 7+ Gen 2 terdiri dari 1 inti utama berbasis Arm Cortex X2, 3 inti untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 inti untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun dengan proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, dengan dukungan 5G, dan secara keseluruhan, konsumsi daya Snapdragon 7+ Gen 2 lebih hemat 13 persen dibandingkan dengan pendahulunya.

Snapdragon 7+ Gen 2 memang sangat mirip dengan Snapdragon 8 Gen 1. Hal ini terlihat dari penggunaan prosesor Cortex X2 pada cluster utama.

Perbedaan dari sisi prosesor hanya terletak pada kecepatan clock, di mana Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kecepatan 3 GHz, sedangkan 7+ Gen 2 memiliki kecepatan 2,92 GHz.

Perbedaan lainnya adalah Snapdragon 7+ Gen 2 dengan fabrikasi 4 nm diproduksi di pabrik TSMC, sedangkan Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi di pabrik Samsung.

Selain peningkatan kecepatan CPU, divisi pengolah grafis (GPU Adreno) pada Snapdragon 7+ Gen 2 juga diklaim 2X lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 7 Gen 1.

Dalam hal gaming, Snapdragon 7+ Gen 2 dilengkapi fitur Auto Variable Rate Shading yang cerdas dalam merender grafis dengan resolusi tinggi pada area yang difokuskan, sementara bagian lainnya dirender dengan resolusi lebih rendah.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas visual, kelancaran gameplay, dan efisiensi daya.

Snapdragon 7+ Gen 2 juga mendukung Triple 18-bit ISP (image signal processor) dengan fleksibilitas tinggi untuk beralih secara mulus antara tiga lensa, termasuk fungsi zoom.

Dengan ISP 18-bit, chipset ini mampu menangkap data warna hingga 4096 kali lebih banyak dibandingkan dengan ISP 14-bit, menghasilkan foto dan video dengan rentang dinamis yang ekstrem dan warna yang kaya.

Selain itu, kehadiran dukungan AI meningkatkan fitur auto-exposure, auto-focus, dan auto-face detection, memberikan pengalaman fotografi yang lebih intuitif.

Untuk merekam video, Poco F5 dapat menghasilkan video dengan format 4K HDR. Dengan kombinasi teknologi Video Super Resolution yang menghadirkan kemampuan digital zoom, hasil rekaman menjadi tajam, bahkan dari jarak jauh.

Dengan tambahan dukungan 18-bit RAW, Poco F5 juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang membuat fitur auto-exposure, auto-focus, dan auto-face detection semakin canggih, menghadirkan pengalaman fotografi yang lebih intuitif.

Untuk merekam video, Poco F5 mampu mencapai format 4K HDR. Dengan teknologi Video Super Resolution, Poco F5 dapat menghasilkan rekaman yang tajam, bahkan saat menggunakan zoom digital dari jarak yang jauh.

Poco F5 menjanjikan pengalaman smartphone high-end dengan performa yang kuat dan fitur-fitur canggih. Dengan hadirnya Snapdragon 7+ Gen 2, diharapkan Poco F5 dapat menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi dan kualitas kamera yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *