Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air (Foto:Canva)

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Speaker HP ini memiliki fungsi untuk mengubah gelombang elektrik listrik menjadi audio atau gelombang suara.

Fungsi ini tentu saja dapat berjalan normal selama komponen yang ada pada speaker bekerja dengan baik.

Sama dengan komponen lainnya di HP, speaker juga tak jarang mengalami masalah atau mengalami kerusakan.

Salah satunya adalah terkena air, dimana air ini bisa berdampak besar terhadap kualitas suara dari speaker HP.

Speaker yang terkena air ini bisa mengalami berbagai kerusakan seperti suara menjadi kecil hingga tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah, maka ada baiknya segera bersihkan air yang masuk ke dalam speaker HP kamu.

Berikut ini cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air, yaituÖ

  1. Cek Pengaturan Volume HP

Kamu harus memastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh speaker HP kamu masih normal atau tidak. Bisa jadi masalah ini disebabkan oleh pengaturan volume yang keliru, bukan karena terkena air.

  1. Lakukan Tes pada Speaker HP

Kamu juga bisa melakukan tes pada speaker HP, yaitu dengan cara menggunakan kode pengecekan atau kode informasi hardware. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah speaker HP kamu mengalami kerusakan atau tidak sebelum melakukan tindakan pembongkaran komponen speaker.

  1. Bersihkan Speaker HP yang Terkena Air

Apabila masih tertinggal sisa air pada permukaan speaker HP kamu, maka segera bersihkan supaya air tidak masuk ke dalam.

Membersihkannya bisa dengan menggunakan jarum atau sejenisnya untuk mengeluarkan air dari dalam speaker.

Dengan membersihkan sisa air yang menempel ini, biasanya akan membantu menghilangkan suara kresek-kresek yang keluar dari speaker.

  1. Keringkan HP Menggunakan Hairdryer

Angin panas yang dikeluarkan oleh hairdryer ini tentu saja bisa membuat embun air yang menempel pada speaker menjadi kering.

Kamu hanya perlu menyalakan hair dryer dengan mode panas paling rendah dan arahkan ke speaker HP.

  1. Keringkan HP di Media Beras

Mengeringkan HP pada media beras ini juga bisa kamu coba sebagai cara mengeluarkan air dari speaker HP jika tercebur ke dalam air secara sepenuhnya.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beras ke dalam mangkuk atau wadah kemudian kubur HP di dalamnya.

  1. Keringkan HP Menggunakan Kipas Angin

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kipas angin dengan cara arahkan kipas angin agar fokus ke bagian speaker HP supaya pengeringan lebih maksimal. Lakukan cara ini kurang lebih selama 5 jam hingga air di dalam speaker HP benar-benar kering.

  1. Segera Service HP

Jika semua cara telah dilakukan dan masih belum memiliki hasil, ma cara terakhir adalah dengan segera bawa ke pusat service HP.