Hati-Hati Kena Hack! Jangan Mudah Akses Link Tak Dikenal

Jangan Mudah Akses Link Tak Dikenal
Jangan Mudah Akses Link Tak Dikenal (Foto:Canva)

Jangan mudah akses link yang mencurigakan dan yang tidak kamu kenal, karena bisa jadi kamu akan kena hack.

Munculnya sebuah link yang tidak dikenal ini nantinya bisa memberikan beragam risiko yang dapat mengancam privasi dan keselamatan beberapa akun kamu.

Tindakan ini masuk dalam kejahata cyber, secara umum kejahatan jenis ini banyak dialami karena kurangnya pengetahuan tentang hal ini. Jadi, jangan mudah akses link yang mencurigakan dan tidak kamu kenal.

Inilah empat bahaya umum yang terjadi jika kamu nekat memilih mengakses sebuah link yang tidak dikenal, yaitu:

  1. Bisa Terkena Malware dan Virus

Terlalu sering mengakses link yang tidak dikenal lewat Hp, PC maupun laptop ini lebih beresiko  terkena malware dan virus.

Pada dasarnya, hacker ini akan memberikan link yang mengarahkan target untuk segera menuju ke situs maupun aplikasi yang dapat menyebarkan malware ke sistem.

Jika kamu terlalu ceroboh dan menyetujui, maka semua akses yang diminta hacker itu tentu saja dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat kamu.

  1. Berpotensi Adanya Pencurian Identitas

Hati-hati saat mengakses link yang tidak dikenal, karena sebagai salah satu modus untuk pencurian identitas, apalagi jika kamu sedang melakukan sebuah aktivitas di website yang tidak dikenal.

Sehingga, ketika sebuah situs web tidak dikenal tersebut menanamkan kode canggih ke dalam komputer, maka secara otomatis kode itu akan terunduh ke sistem perangkat tanpa kamu sadari.

Maka, hacker akan menjaid lebih mudah untuk mencuri informasi sensitif yang ada di sistem tersebut.

  1. Bisa Terjadi Pembajakan Akun

Jangan mudah mengakses link yang tidak dikelan, apalagi jika kamu sedang melakukan aktifitas mendaftar dan masuk, maka potensi ternjadinya pembajakan akun sangat tinggi.

Sehingga, jika kamu sampai melakukan aktivitas mendaftar atau masuk ke link tersebut, nantinya secara otomatis kata sandi yang kamu gunakan itu akan dapat diketahui oleh hacker.

  1. Adanya Kejahatan Spyware

Spyware ini salah satu jenis software yang sering digunakan dalam mengumpulkan dan mengirim informasi kepada pihak ketiga tanpa diketahui oleh pengguna utamanya.

Secara umum, kejahatan ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa melacak informasi pribadi dan nantinya digunakan hacker untuk mengakses data yang bersifat rahasia.

Aplikasi Spyware ini akan mudah terpasang, apalagi jika kamu sering meng-install sebuah aplikasi mod atau jika kamu terlalu sering mengakses sebuah link yang tidak dikenal.