Gratis! Inilah Keuntungan Kuliah di STAN

Keuntungan Kuliah di STAN
Keuntungan Kuliah di STAN (Foto:Canva)

Keuntungan kuliah di STAN mulai dari biaya pendidikan gratis hingga bisa jadi ASN. Pada tahun 2022 pendaftar STAN mencapai 23.895 peserta dengan kuota penerimaan calon mahasiswa baru semakin ketat.

STAN sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Keuangan.

Lulusan perguruan tinggi ini terkenal ahli di bidang perpajakan, bea cukai, akuntasi dan keuangan. Popularitas STAN semakin tahun semakin meningkat, hal ini karena melanjutkan studi di STAN akan mendapat banyak keuntungan.

Adapaun keuntungan yang akan diperoleh dari belajar di STAN yaitu:

1. Biaya pendidikan gratis

Seluruh biaya pendidikan di STAN akan dibiayai oleh negara. Biaya pendidikan yang diberikan untuk menempuh program studi DIV yaitu selama delapan semester.

Selama rentang waktu tersebut, mahasiswa tidak akan dikenakan biaya kuliah dalam mengikuti kegiatan akademik di PKN tersebut.

Meski memberikan keuntungan biaya kuliah gratis, mahasiswa tidak mendapat uang saku selama menempuh masa pendidikan.

Biaya kuiah gratis ini diberikan pada seluruh mahasiswa baik untuk lulusan SMA atau sederajat yang mendaftar melalui jalur program reguler atau program afirmasi.

Namun, apabila mahasiswa tidak memenuhi syarat kelulusan setiap akhir semester, maka akan dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN.

2. Asrama

Keuntungan kuliah di STAN selanjutnya yaitu menyediakan asrama yang bisa dinikmati oleh mahasiswa DIV tahun pertama agar mahasiswa bisa fokus lebih pada studi.

Pada tahun akademik selanjutnya, mahasiswa bisa cari kos atau akomodasi lain. Penyelenggaraan pendidikan ini akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN.

3. Bekerja di Kementerian Keuangan

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Penempatan mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2022 pada Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan.

4. Menjadi CPNS

Lulusan Prodi Diploma IV dapat diangkat menjadi calon aparatur negara. Tetapi, apabila calon mahasiswa terbukti melakukan sebuah kecurangan atau memberi keterangan yang tidak benar di kemudian hari maka statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara dapat dicabut kembali.