Mudah Banget! Inilah Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Membuat Poliing di Whatsapp
Membuat Poliing di Whatsapp (Ilustrasi:MobileTrans)

Membuat polling di WhatsApp grup dengan mudah dan cepat. Whatsapp atau WA baru-baru ini mengelurakan beberapa fitur baru seperti adanya fitur Poll.

Fitur ‘Poll’ merupakan fitur yang baru saja dirilis oleh WhatsApp. Fitur ini dapat digunakan semua pengguna smartphone termasuk Android dan iOS.

Fitur polling ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan voting di dalam percakapan personal/ individu dan WhatsApp Grup.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna WhatsApp karena memberi kemudahan dalam mengambil sebuah keputusan dan menghemat waktu. Pengguna fitur polling ini dapat membuat pertanyaan yang disertai dengan daftar pilihan jawaban.

Sedangkan kontak lain dalam percakapan/grup dapat memilih opsi jawaban yang tersedia. Opsi polling yang digunakan pengguna dapat ditambahkan maksimal sampai 12 opsi pilihan.

Kemudian seluruh pengguna dapat memiliih opsi jawaban secara langsung dan sistem akan mencatat seluruh jawaban yang dipilih oleh peserta lain.

Adapun cara untuk membuat polling di whatsApp Grup antara lain

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buka chat grup yang akan membuat jajak pendapat
  3. Klik ikon lampiran (Attachment) di samping kotak pesan
  4. Klik ikon diagram yang bertuliskan Polling
  5. Tulis pertanyaan yang ingin diajukan beserta pilihan opsi jawaban
  6. Buat Polling sesuai dengan jumlah pertanyaan, dengan jawaban minimal terdiri dari 2 opsi dan maksimal 12 opsi jawaban
  7. Klik ikon ‘Humberger’ kemudian seret ikon tersebut pada sisi kanan opsi Polling yang berfungsi mengubah urutan
  8. Pilih Opsi kirim pada bagian bawah sisi kanan

Apabila polling sudah dikirim dan terdapat peserta yang telah memilih jawaban, pembuat polling dapat melihat hasilnya dengan cara klik tulisan “View Votes”. Dengan demikian akan muncul rincian data dari peserta yang memilih jawaban beserta jumlah jawaban yang sudah dipilih.

Pembuat dan peserta polling dapat memilih lebih dari satu jawaban, membalas polling yang telah dibuat, menarik jawaban yang sudah diberikan, serta memberi reaksi emoji.

Pembuat polling tidak dapat melakukan editing terhadap polling yang sudah dibuat. Namun dapat membuat opsi jawaban baru dengan membuat ulang pertanyaan polling tersebut.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *