Program Magenta BUMN, Simak Informasi Lengkapnya

Program Magenta BUMN (Foto: canva)

Program Magenta BUMN atau kependekan dari Magang Generasi Bertalenta, resmi buka pada hari ini, Senin (16/1/2023) di Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Magenta merupakan program magang bersertifikat terpadu dengan sasaran semua pelajar, santri, mahasiswa, atau pun fresh graduate.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa program magang ini termasuk upaya kementeriannya untuk membuka ruang bagi generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan pembangunan di masa depan.

Harapannya, melalui program magang Magenta BUMN ini seluruh pelajar, mahasiswa dan fresh graduate bisa menambah skill dan memiliki kemampuan standar yang bisa diterapkan dalam dunia kerja.

Mereka yang mendaftar tentu berkesempatan untuk menerapkan semua ilmu yang sudah mereka dapat dengan cara mempraktikkannya secara langsung di kementrian BUMN.

Bagi mahasiswa dan fresh graduate yang berminat untuk ikut, bisa segera mendaftar dalam periode 16 hingga 22 Januari 2023 ini. Calon pendaftar bisa mengakses situs magenta.fhcibumn.com untuk mengetahui informasi pendaftaran lebih lanjut.

Terkait persyaratan, pihak penyelenggara memang belum menjelaskan secara rinci apa saja yang perlu disiapkan oleh pendaftar. Begitu juga situs web pendaftaran, terpantau masih down dan dalam tahap pemeliharaan hingga artikel ini publish. Jadi, sebaiknya Anda harus rutin mengecek informasi di akun sosial media FHCI BUMN secara berkala.

Apabila selesai melakukan pendaftaran, nantinya para pendaftar magang akan masuk ke tahap seleksi. Setelah pendaftaran tutup, penyelenggara akan melakukan proses seleksi dan pengumuman secara langsung, yakni pada 23 hingga 27 Januari 2023.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Magang Umum ini adalah program yang terintegrasi dan menjadi bentuk enhancement dari magang-magang BUMN non-SKS sebelumnya. Beberapa program dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN.

Program magang ini memiliki durasi magang yang berbeda antara 1 hingga 12 bulan dan tentu bisa diikuti oleh pelajar, mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.

Seperti halnya, Magang Santri yang diperuntukkan bagi mahasiswa atau santri berstatus aktif. Syarat untuk mengikuti program ini minimal semester 5 untuk diploma dan semester 7 untuk S-1 dari Universitas Islam atau pesantren setingkat.

Ada juga, program Indonesia Global Talent Internship yang terbuka bagi mahasiswa aktif jenjang S2 dan S3 mancanegara. Program ini termasuk spesial karena peserta dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset yang ada.