Tempat Wisata Dieng Paling Populer dan Instagramable

Tempat Wisata Dieng
Tempat Wisata Dieng (Foto:Instagram.com/kawahsikidang)

Tempat wisata Dieng ini memang memiliki pesona keindahan alam yang dapat membuat kita takjub.

Tempat wisata Dieng ini sangat cocok kamu pilih sebagai destinasi wisata saat akhir pekan maupun libur panjang.

Banyak sekali objek wisata di Dieng yang bisa kamu nikmati bersama keluarga maupun sahabat kamu.

Bahkan, dengan biaya yang cukup terjangkau kamu sudah bis menikmati keindahan alam yang ada di Dieng dan kamu bisa mengabadikan momen tersebut untuk kamu upload ke berbagai sosial media kamu.

Inilah lima tempat wisata Dieng yang paling populer dan instagramable, yaitu:

1. Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Batu Pandang Ratapan Angin ini adalah tempat wisata Dieng yang terkenal dengan pemandangannya yang hijau hingga suasananya yang tenang.

Lokasi destinasi ini ada di Jalan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah dan tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga18.00 WIB.

Wisata ini diberi nama Batu Ratapan Angin karena posisinya berada di ujung tebing tinggi dengan bentuk dua batu menumpuk.

Konon katanya bebatuan tinggi nan eksotis itu terjadi karena aktivitas gunung berapi.

Jika kamu melihat dari atas ketinggian batu tersebut, maka kamu bisa melihat secara langsung hamparan hijau tanah dieng sekaligus telaga pengilon yang asri dan sejuk.

Ticket masuk ke tempat tersebut cukup terjangkau, yaitu hanya Rp10.000 saja dan kamu bisa menikmati suasana yang tenang jika berkenjung sore hari.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu wisata Dieng yang terkenal akan pemandangan matahari terbitnya.

Bukit Sikunir ini berada di kawasan dataran tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 mdpl dan banyak orang yang menyebutnya tempat tersebut dengan julukan Golden Sunrise.

Biaya masuk Bukit Sikunir ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp10.000 Dan biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

3. Candi Arjuna

Candi Arjuna ini adalah peninggalan dari Kerajaan Mataram kuno ini termasuk wisata Dieng yang terkenal.

Candi Arjuna ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu peninggalan era Kerajaan Mataram kuno.

Tiket masuk ke Candi Arjuna masih terjangkau, yaitu hanya seharga Rp20.000.

Hanya saja, biaya tiket tersebut hanya berlaku untuk masuk ke area candi dan tidak termasuk tempat wisata lain walaupun masih dalam satu kompleks.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang ini merupakan salah satu wisata Dieng yang terkenal dan masih di kompleks wisata Dieng yang jaraknya tidak jauh dari Candi Arjuna.

Kawah Sikidang ini adalah sebuah lapangan kawah yang ada di dataran tinggi Dieng yang masih aktif mengeluarkan gas dan uap air. Kawah Sikidang ini juga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Bahkan, arena kawah Sikidang ini juga menawarkan banyak spot foto menarik dan instagramable di setiap sudutnya dengan nuansa alam yang alami.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan tersebut hanya sekitar Rp15.000 dan tidak termasuk tiket kendaraan bermotor.

5. Telaga Warna

Telaga Warna ini juga termasuk salah satu wisata Dieng yang terkenal dan juga masih di kompleks wisata Dieng.

Telaga Warna di kawasan wisata Dieng yang terkenal ini, pada bagian dasarnya tersebut dikelilingi oleh lumpur, batu hingga dihuni belasan jenis ikan.

Tempat ini disebut Telaga Warna karena airnya dapat berubah-ubah akibat efek kandungan belerang cukup tinggi pada telaga ini.

Bahkan, pengunjung saat disana juga bisa melihat air telaga berwarna hijau agak biru, namun sesekali berubah jadi kuning.

Tak hanya suasana yang asri, tiket masuk wisata ini juga masih murah yaitu Rp15.000 untuk per orang.