Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Ini Cara Mendapatkannya

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Foto:Canva)

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar atau juga dikenal sebagai Malam Kemuliaan merupakan salah satu malam terpenting dalam agama Islam.

Malam Lailatul Qadar yang disebut dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah ini memiliki nilai yang tak terkalahkan – bahkan lebih baik dari seribu bulan.

Tidak mengherankan jika malam yang indah dan penuh kemuliaan ini dianggap begitu istimewa.

Dalam malam yang berkah ini, setiap kebaikan yang dilakukan oleh seorang muslim dihitung seperti telah dilakukan selama 83-84 tahun

Jadi, keberkahan yang terkandung dalam malam Lailatul Qadar begitu besar sehingga amal ibadah yang dilakukan pada malam tersebut bisa dilipatgandakan pahalanya.

Namun, cara untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar yang penting untuk diketahui oleh umat Muslim:

  • Memperbanyak Ibadah di Malam-malam Terakhir Ramadan

Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil terakhir dalam 10 malam terakhir Ramadhan. Oleh karena itu, memperbanyak ibadah pada malam-malam terakhir Ramadhan menjadi kunci untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Umat Muslim dapat melaksanakan ibadah sunnah seperti shalat tarawih, shalat malam, membaca Al-Quran dan dzikir.

  • Menjaga Iman dan Ketaqwaan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Oleh karena itu, umat Muslim harus menjaga iman dan ketaqwaan dengan tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama. Menjaga hati agar selalu bersih dan ikhlas dalam beribadah juga menjadi hal yang sangat penting.

  • Membaca Doa Khusus

Umat Muslim dapat membaca doa khusus yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii” yang artinya “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan menyukai pemaafan, maka maafkanlah aku”. Doa ini bisa dibaca berulang kali dengan penuh keyakinan dan tulus hati.

  • Memberikan Sedekah

Malam Lailatul Qadar juga menjadi momentum untuk umat Muslim untuk berbagi dengan sesama. Memberikan sedekah dalam bentuk apapun menjadi salah satu cara untuk memperoleh malam Lailatul Qadar.

Dengan memberikan sedekah, umat Muslim diharapkan mendapatkan berkah dan keberkahan dalam hidupnya.

Dalam kesimpulannya, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan keberkahan dan ampunan.

Umat Muslim dapat mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan memperbanyak ibadah di malam-malam terakhir Ramadhan, menjaga iman dan ketaqwaan, membaca doa khusus, dan memberikan sedekah.

Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk meraih malam Lailatul Qadar yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Allah SWT.