Niat Sholat Taubat, Doa dan Tata Cara yang Benar

Niat Sholat Taubat
Niat Sholat Taubat (Foto:Canva)

Niat sholat taubat. Sholat Taubat ini dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim yang ingin bertaubat setelah melakukan dosa. Membaca niat sholat taubat ini merupakan hal wajib yang perlu dilafalkan.

Sholat taubat ini merupakan sholat sunnah ketika seseorang ingin memohon ampunan dari Allah SWT dari segala salah dan khilaf yang telah diperbuatnya.

Niat, Tata Cara dan Doa Sholat Taubat

Berikut ini niat sholat taubat beserta dengan tata cara dan doanya, yaitu:

Niat Sholat Taubat

Saat akan melaksanakan sholat taubat, maka awali lah dengan membaca niat sholat taubat terlebih dahulu. Berikut ini bacaan niat sholat taubat, yaitu:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Taubat

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat sunnah taubat tersebut dua rakaat. Kemudian, mencari sebuah pengampunan dengan meminta pengampunan Allah.

Salah satu yang menjadi syarat untuk melaksanakan sholat taubat ini adalah sudah berada dalam keadaan wudhu. Bukan hanya itu, menyesal telah melanggar seuatu ketentuan Allah juga menjadi hal terpenting saat akan  melakukan sholat taubat.

Berikut ini tata cara sholat taubat, yaitu:

  1. Membaca niat (boleh diucapkan di dalam hati atau melalui lisan).
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca doa Iftitah.
  4. Membaca surat Al Fatihah.
  5. Membaca salah satu surat pendek Alquran.
  6. Rukuk.
  7. I’tidal.
  8. Sujud.
  9. Duduk di antara dua sujud.
  10. Sujud kedua.
  11. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua.
  12. Tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam.
  13. Berdoa memohom ampunan.

Doa Sholat Taubat

Sesudah melaksanakan sholat taubat, maka dianjurkan untuk memperbanyak membaca bacaan istighfar untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Bacaan istighfar ini dapat diucapkan sebanyak 100 kali sambil meresapi artinya di dalam hati.

Berikut ini bacaan istighfar yang dianjurkan, yaitu:

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istighfar, kemudian dapat melanjutkan dengan membaca doa dengan setelah sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasullah SAW, yaitu:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”