Malas Olahraga? Inilah Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga

Tips Diet
Tips Diet (Foto:Canva)

Tips diet sehat tanpa olahraga. Masih banyak orang yang menganggap bahwa cara diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah cukup hanya dengan mengurangi porsi hingga jenis makanannya.

Tapi, tahukah kamu kalau diet yang tepat ini bukan hanya soal seberapa banyak porsi yang dimakan. Cara menurunkan berat badan yang ideal ini adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur.

Namun, diet tanpa olahraga ini juga bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Berikut ini tips diet sehat tanpa olahraga, yaitu:

1. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Ternyata seberapa cepat kamu mengunyah makanan bisa mempengaruhi berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan terlalu cepat akan berpotensi lebih besar untuk menambah berat badan jika dibandingkan dengan orang yang makan secara perlahan.

Cara untuk membiasakan makan lebih lambat ini kamu bisa menghitung setiap gigitan saat mengunyah makanan.
Dimana, cara ini dinilai menjadi cara yang paling mudah untuk meningkatkan rasa kenyang. Jadi, dengan begitu porsi makan pun menjadi lebih sedikit.

2. Menambah Asupan Protein dan Mengonsumsi lebih Banyak Serat pada Porsi makan

Dengan mengonsumsi lebih banyak protein diyakini bisa menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan, bahkan tanpa adanya olahraga.

Begitu pula dengan mengonsumsi banyak serat diyakini juga bisa menurunkan berat badan. Protein yang dikonsumsi ini bisa untuk mengontrol nafsu makan hingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Sementara, serat yang dikonsumsi bisa meningkatkan rasa kenyang, membantu penyerapan nutrisi hingga memperlambat pengosongan perut.

Jadi, usahakan untuk penuhi asupan protein dan perbanyak serat pada porsi makan kamu. Makanan tinggi protein ini bisa kamu dapatkan dari tahu, telur, dada ayam, ikan, produk susu, kacang-kacangan hingga daging tanpa lemak.

Sementara, untuk serat bisa kamu dapatkan dari kacang-kacang, sereal gandum, sayuran hingga buah-buahan.

3. Mencukupi Kebutuhan Air dengan Perbanyak Minum Air Putih

Untuk memenuhi kebutuhan cairan, kamu bisa mengonsumsi air putih. Hindarilah untuk mengonsumsi minuman rasa dan bersoda, karena minuman tersebut memiliki kalori yang cukup tinggi.

Minum cukup air putih bisa menurunkan berat badan, usahakan sebelum mengonsumsi makanan didahulukan dengan minum air putih yang cukup terlebih dahulu.

4. Mengonsumsi Makanan dalm Porsi yang Kecil

Usahakan mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil dan lebih sedikit. Makan dengan porsi yang banyak dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.

Tak hanya itu, hindari juga kebiasaan makan sambil nonton TV. Karena hal ini bisa memicu makan dengan secara berlebihan.

5. Mencukupi Waktu Tidur

Jangan lupa untuk mencukupi waktu tidur malam kamu, usahakan untuk tidur sekitar 7 hingga 9 jam. Kekurangan waktu tidur bisa membuat stres, sehingga akan membuat ketidakseimbangan hormon pengatur nafsu makan. Maka hal ini bisa mendorong kamu untuk menjadi makan lebih banyak.