Tips Lari Buat Pemula Biar Gak Mudah Lelah

Tips Lari Buat Pemula
Tips Lari Buat Pemula (Foto:Canva)

Tips lari buat pemula biar gak mudah capek dan bikin nagih. Lari ini menjadi salah satu olahraga yang paling praktis untuk bisa dilakukan dengan segudang manfaat bagi tubuh.

Tak hanya untuk bisa menambah stamina, ternyata lari juga dapat membantu melatih daya tahan jantung maupun paru-paru kita.

Walaupun lari adalah olahraga yang paling praktis dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan khusus, tapi lari ini bisa menjadi olahraga yang sulit dilakukan karena membutuhkan konsistensi hingga motivasi yang stabil.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan olahraga ini agar kamu tidak mudah lelah. Inilah beberapa tips lari untuk pemula supaya tidak mudah lelah dan dijamin bikin nagih, yaitu:

1. Awali Lari dengan Jarak Pendek

Untuk kamu yang pertama kali olahraga lari, maka kamu bisa mengawalinya dengan memilih jarak lari yang pendek dan hindari jarak panjang.

Secara umum, para pelari baru ini memang mempunyai semangat yang tinggi untuk bisa mencapai target rute dan jarak tempuh larinya.

Namun, semangat ini malah membuat kamu jadi melupakan daya tahan dan kemampuan yang dimiliki saat itu.

Maka dari itu, mulailah olahraga lari kamu dengan jarak yang lebih pendek dan durasi yang tidak terlalu lama.

2. Hindari Lari Terlalu Cepat

Buat kamu pelari pemula, tentu saja tubuh kamu masih membutuhkan adaptasi terhadap aktivitas barunya.

Maka dari itu, mulailah dengan intensitas kecepatan lari yang ringan hingga sedang. Apabila kamu mengawali lari terlalu cepat, maka akan membuat tubuh kamu menjadi cepat lelah.

Kondisi ini tentu saja akan membuat kamu kesulitan mencapai target lari yang diinginkan. Supaya hal ini tidak terjadi, kamu harus mencoba menjaga kecepatan dan cobalah untuk nikmati tiap gerakan lari tersebut.

3. Jangan Lupa beri Waktu Istirahat

Jika kamu sudah berhasil melalui latihan pertama, maka kamu tentu saja akan semakin bersemangat untuk melanjutkan latihan keesokan harinya.

Sebenarnya hal ini baik untuk menciptakan konsistensi, namun sebaiknya kamu memberikan waktu satu hari untuk tubuh bisa beristirahat dan mendapatkan relaksasi.

Tentu saja cara ini penting, supaya menghindari munculnya cedera olahraga dan juga untuk mengoptimalkan perkembangan otot tubuh.

4. Lari secara Perlahan dengan Langkah Kecil

Buat kamu para pemula yang tidak memahami teknik yang tepat, maka lari akan menjadi aktivitas yang sangat menguras energi.

Kondisi inilah yang membuat olahraga menjadi lebih melelahkan dan sulit untuk dilakukan dengan konsisten.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengawali olahraga lari secara perlahan dan awali dengan langkah yang kecil.

5. Pilih Area Lari yang Nyaman dan Menyenangkan

Pemilihan area lari ini juga menjadi hal yang penting, demi mencipkatan konsistensi dalam olahraga ini, tentu saja kamu bisa memilih area lari yang membuat kamu nyaman dan juga menyenangkan.

Jadi, pilihlah area atau rute lari yang membuatmu nyaman dan menyenangkan supaya saat berlari kamu tidak merasakan lelah.