Warung Mak Beng, Tempat Makan di Bali yang Masuk Peringkat 3 Restoran Paling Legendaris di Dunia

Warung Mak Beng yang berdiri sejak 1941, masuk dalam daftar TasteAtlas sebagai salah satu restoran paling legendaris di dunia pada tahun 2023
Warung Mak Beng yang berdiri sejak 1941, masuk dalam daftar TasteAtlas sebagai salah satu restoran paling legendaris di dunia pada tahun 2023. (Tangkapan Layar Instagram @syerisye)

Warung Mak Beng, sebuah warung makan kecil yang terletak di Sanur, Bali telah meraih pengakuan internasional dengan menjadi peringkat ketiga dalam daftar 150 restoran paling legendaris di dunia versi TasteAtlas tahun 2023.

Daftar tersebut menampilkan berbagai tempat makan terkenal di seluruh dunia, dengan Figlmüller di Austria menduduki peringkat pertama dan Katz’s Delicatessen di New York, Amerika Serikat, berada di peringkat kedua.

Sejak didirikan pada tahun 1941 oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya I Putu Gede Wirya (Nyoo Tik Gwan), Warung Mak Beng telah menjadi salah satu tempat makan ikonik di Bali.

Warung ini awalnya terkenal sebagai tempat bersantap bagi sopir bemo, tetapi sekarang menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara yang mencari hidangan autentik Bali.

Menu andalan di Warung Mak Beng adalah sup kepala ikan dan ikan goreng.

Jenis ikan yang digunakan bervariasi tergantung pada ketersediaan, seperti ikan tongkol, kakap, tenggiri, atau jenis ikan lainnya yang ditangkap oleh nelayan setempat di perairan sekitar Sanur dan wilayah Bali lainnya.

Ikan goreng di Mak Beng memiliki tekstur garing di luar, tetapi tetap lembut dan tidak keras di dalamnya.

Rasa ikan yang lezat semakin terasa dengan tambahan sambal terasi khas Mak Beng yang menggugah selera.

Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan di Warung Mak Beng adalah sup ikannya.

Sup ini dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional Bali yang memberikan cita rasa yang khas dan tidak amis.

Dalam sup tersebut, terdapat tambahan belimbing wuluh dan mentimun yang memberikan kesegaran pada hidangan tersebut.

Harga satu porsi hidangan di Mak Beng adalah Rp 55.000 per paket, belum termasuk minuman.

Mak Beng buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WITA.

Jam paling ramai pengunjung biasanya antara pukul 14.00 hingga 19.00 WITA, oleh karena itu disarankan untuk menghindari jam-jam tersebut agar tidak terlalu antre.

TasteAtlas sendiri merupakan sebuah media online panduan wisata kuliner dunia yang didirikan oleh Matija Babic, seorang jurnalis dan pengusaha asal Kroasia.

Melalui daftar restoran paling legendaris ini, TasteAtlas memberikan pengakuan kepada Warung Mak Beng sebagai salah satu tempat makan yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang mencari pengalaman kuliner yang autentik di Bali.

Jadi, jika Anda berada di Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lezat di Warung Mak Beng yang telah mendapatkan pengakuan internasional ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *