Inilah Rahasia Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Puasa! Klik di Sini untuk Mengetahui Tipsnya!

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa
Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa (Foto:Canva)

Cara mengatasi cegukan saat puasa. Cegukan saat puasa dapat terjadi karena beberapa hal, seperti dehidrasi atau konsumsi makanan atau minuman yang terlalu cepat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi cegukan saat puasa:

  1. Minum air putih dalam jumlah yang cukup saat berbuka dan sahur. Hal ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga mengurangi risiko terjadinya cegukan.
  2. Jangan makan atau minum terlalu cepat. Cobalah untuk mengunyah makanan dengan baik dan menikmati setiap suap.
  3. Lakukan napas dalam-dalam dan tahan selama beberapa detik, kemudian hembuskan perlahan-lahan. Cara ini bisa membantu menyeimbangkan irama napas dan mengurangi cegukan.
  4. Lakukan beberapa gerakan fisik yang ringan seperti berjalan-jalan atau melakukan gerakan yoga yang sederhana. Hal ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi cegukan.
  5. Hindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan cegukan, seperti makanan yang terlalu pedas atau minuman bersoda.
  6. Cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan kegiatan lain, seperti membaca buku atau menonton film.

Tak hanya tips diatas, jika kamu masih mengalami cegukan saat berpuasa, jangan khawatir! Ada beberapa cara mudah selain cara diatas yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala yang mengganggu ini, yaitu:

  • Menahan napas selama beberapa detik, lalu hembuskan dan ulangi sampai merasa lebih baik.
  • Ambil napas dalam dan tahan sejenak sebelum menghembuskannya.
  • Coba bernapas dengan kantong kertas, tapi pastikan jangan menggunakan kantong plastik ya!
  • Tutup hidung dan bernapaslah melalui mulut selama beberapa detik. Dijamin cegukan kamu akan mereda!

Mengatasi cegukan tanpa minum air ternyata juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yaitu dengan memijat lembut telapak tangan.

Caranya mudah, yaitu tekan telapak tangan kamu menggunakan ibu jari dari tangan lainnya, atau bisa juga dengan menekan bagian bawah ibu jari di antara jari telunjuk.

Jika terasa sedikit sakit saat ditekan, itu menandakan adanya gangguan pada sistem saraf. Tapi jangan khawatir, dengan melakukan pijatan beberapa kali, cegukan kamu akan hilang tanpa bekas.

Jika cegukan terus berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *