IKK Indramayu Ranking 4, ICN Hadiri Jabar Ekraf Summit

Jabar Ekraf Summit

Bertempat di Gedung Kreatif Kabupaten Sumedang, Indramayu Creaticity Network (ICN) mengikuti Jabar Ekraf Summit yang diselenggarakan KREASI Jabar dan Komite Ekraf Sumedang, pada Kamis-Jumat (08 sd 09 Oktober 2022).

Tujuan menghadiri kegiatan ini yang pertama adalah untuk meresmikan menyaksikan peresmian Komite Ekraf di Kabupaten Sumedang dan juga diskusi dengan Kreasi Jabar dan para Komite Ekraf kab/kota di Jawa Barat untuk pengembangan ekosistem kota kreatif di Jawa Barat. Pada kesempatan ini acara diresmikan dan dibuka oleh Bupati Kabupaten Sumedang, Dr. H. Donny Ahmad Munir, S.T., M.M.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh pengurus ICN, nampak terlihat Hilmi Hilmansyah dan Fayyaz Mumtaz Khairi Wardhana selaku Ketua dan Wakil Ketua ICN. Indramayu Creaticity Network (ICN) hadir menjadi mitra jejaring komunitas dan komite ekraf di Jawa Barat.

Hilmi mengatakan, saat ini ICN sudah berjejaring dengan para komunitas dan komite ekraf di Jawa Barat yang dinaungi oleh KREASI Jawa Barat. Selain itu ICN juga berjejaring sampai tingkat nasional yang dinaungi oleh ICCN.

“Alhamdulillah upaya membuka pergaulan yang luas Insha Allah mempunyai banyak manfaatnya, selain membuka silaturahmi, juga membuka pintu peluang pengembangan ekosistem kreatif dengan informasi yang akurat dan relevan,” ucap Hilmi Hilmansyah.

Kegiatan tersebut merupakan ruang belajar bagi Indramayu yang saat ini Indeks Kota/Kabupaten Kreatif (IKK) pada posisi ranking 24 dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Fayyaz mengatakan, Sumedang menjadi benchmarking kami dalam upaya pengembangan ekosistem ekraf di Indramayu. Harapannya dapat menjadi ruang belajar supaya kami termotivasi ketika pulang untuk terus menciptakan ekosistem, setelah itu harapanya IKK Kab Indramayu dapat meroket ke-10 besar.

“IKK ini menjadi motivasi bagi kami supaya terus menciptakan inisiatif dalam pengembangan ekosistem, kegiatan Jabar Ekraf Summit menjadi ruang belajar dan diskusi langsung dengan perumus IKK di Jawa Barat supaya Indramayu bisa mencotoh Sumedang ada di posisi top 10 Jawa Barat,” tersng Fayyaz.

Jabar Ekraf Summit ini dihadiri oleh para ketua komunitas dan komite ekraf seluruh Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Untuk hari pertama acara intinya adalah pelaksanaan pelantikan komite ekraf Sumedang, diskusi pelaksanaan Jabar Ekraf Summit yang selanjutnya, dan ditutup dengan gala dinner dengan Bupati Sumedang dan para ketua komite Ekraf Jabar.

“Insha Allah kalau tidak ada halangan, kami (klaster ciayumajakuning) mengusulkan pelaksanaan Jabar Ekraf Summit selanjutnya dapat dilaksanakan di Gedung Kreatif Ahmad Djuhara Kota Cirebon,” Terang Hilmi

Dengan membuka relasi dan jaringan harapannya dapat tercipta kolaborasi untuk sama-sama mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif di Jawa Barat khususnya di Indramayu agar dapat sejajar dengan kabupaten lainnya yang sudah lebih dulu lari ada di depan. (***)