Mitos atau Fakta, Keramas Saat Haid Bisa Bikin Sakit Kepala?

Keramas Saat Haid Bisa Bikin Sakit Kepala
Keramas Saat Haid Bisa Bikin Sakit Kepala (Foto:Canva)

Keramas saat haid ini konon katanya bisa bikin sakit kepala, mitos atau fakta? Adanya sebuah larangan keramas saat sedang menstruasi ini ternyata sudah turun-temurun, bahkan hal ini masih sering dikaitkan dengan agama maupun kesehatan.

Banyak yang mengatakan jika keramas saat sedang menstruasi ini bisa menyebabkan sakit kepala. Buat kamu yang masih bingung dengan hal ini, yuk cari tahu kebenarannya.

Munculnya rasa sakit kepala yang dirasakan saat sedang haid ini lebih dikenal dengan istilah menstrual migraine. Secara umum, kondisi ini akan terjadi sebelum atau selama siklus menstruasi sedang berlangsung.

Adanya nyeri kepala ini biasanya akan dirasakan dan muncul mulai dari tiga hari sebelum haid dan kondisi ini tentu saja sangat lumrah dialami oleh sebagian besar perempuan.

Dikutip dari Cleverland Clinic, adanya gejala sakit kepala ketika sedang haid ini merupakan kondisi nyeri kepala yang berdenyut. Bahkan, sakit kepala ini akan lebih parah saat kita terkena cahaya, pusing dan juga mual.

Tentu saja munculnya sakit kepala saat haid ini berbeda dengan kondisi migrain. Pada dasarnya, migrain dan lainnya ini disebabkan oleh adanya tekanan pikiran atau kafein. Sementara, untuk menstrual migraine ini disebabkan oleh sebuah hormon.

Sehingga, ketika siklus menstruasi ini berjalan, maka hormon dalam tubuh kamu akan mengalami perubahan.

Adanya kondisi ini tentu saja menjadi tidak heran jika gangguan ini sering dijuluki dengan hormone headache.

Perlu diketahui, hormon estrogen ini akan berubah dan juga akan menjadi pemicu sakit kepala hingga rasa tidak nyaman.

Penjelasan diatas tentu saja berebeda dengan beredarnya sebuah mitos yang mengatakan tidak memperbolehkan keramas saat menstruasi.

Konon katanya, saat kita keramas dalam kondisi sedang haid ini dapat menyebabkan darah haid menjadi macet, membuat sakit kepala, memicu anemia hingga adanya efek bahaya lainnya.

Namun faktanya bukanlah seperti itu, ketika kamu sedang mengalami menstruasi tentu saja akan tetap diperbolehkan keramas seperti hari-hari biasanya.

Dikutip dari sebuah buku yang berjudul Refleksi Jurnal: Formula Menguak Mitos Kesehatan, menjelaskan apabila produksi keringat dan minyak kepala perempuan ketika sedang mentruasi ini akan meningkat, maka kebersihan rambut juga sangat perlu dijaga.

Sehingga dapat disimpulkan, tidak ada pengaruh maupun hubungan antara keramas dengan terjadinya menstrual migraine.

Adanya mitos yang tidak benar ini justru akan dapat menimbulkan masalah pada rambut dan juga kepala.