Tips Fotografi di Hp dalam Kondisi Gelap

Tips Fotografi
Tips Fotografi (Foto:Canva)

Tips fotografi di Hp dalam kondisi gelap dijamin hasilnya sangat estetik. Memotret di tempat yang gelap dengan menggunakan Hp ini memang cukup sulit dan tentu saja dibutuhkan teknik hingga pengaturan kamera yang benar.

Bukan hanya itu, kita juga pasti membutuhkan adanya tambahan pencahayaan seperti led flash. Nah, untuk kamu yang menyukai fotografi dan ingin mendapatkan hasil yang estetik saat foto dalam kondisi gelap, ikuti tips fotografi di Hp berikut ini.

  1. Gunakan Mode Malam

Tips yang pertama adalah kamu bisa menggunakan mode malam di Hp kamu. Mode malam ini merupakan sebuah fitur yang hampir dimiliki semua Hp.

Untuk dapat mengaktifkannya ini cukup mudah, yaitu masuk terlebih dahulu ke dalam menu mode malam dan tekan ikon untuk mengambil gambar.

Mode malam yang ada pada kamera Hp ini diketahui memiliki kemampuan untuk bisa mengambil gambar berkualitas tinggi di lingkungan yang rendah cahaya.

Bahkan, dengan menggunakan fitur mode malam ini dapat membuat gambar dengan kontras yang lebih tinggi serta karakteristik warna yang lebih asli.

  1. Gunakan Mode Astrofotografi

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan mode astrofotografi yang ada di aplikasi Google Camera. Cara ini diketahui cukup efektif dan juga ampuh.

Sesuai dengan namanya, mode ini juga sering digunakan untuk mengambil foto langit malam dan juga bisa untuk melihat bintang-bintang dengan lebih jelas.

Tentu saja untuk bisa menggunakan aplikasi Google Camera ini kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Chrome.

Pastikan juga untuk disesuaikan dengan merek Hp yang kamu gunakan, karena setiap aplikasi Google Camera ini tentu saja harus disesuaikan.

Mode astrofotografi pada Google Camera ini mempunyai waktu mengambil foto yang cukup lama, sehingga kamu membutuhkan sebuah tripod suapaya hasil fotonya tidak goyang atau blur.

  1. Gunakan Mode Pro atau Mode Manual

Apabila Hp yang kamu gunakan tidak dapat menggunakan aplikasi Google Camera, maka kamu tetap bisa memotret seperti layaknya astrofotografi cukup dengan membuka mode pro yang di aplikasi kamera Hp kamu.

Di menu mode pro atau mode manual ini memang sedikit membingungkan, karena dalam menu tersebut banyak sekali pilihan menunya.

Supaya dapat mendapatkan hasil foto yang bagus di tempat gelap, maka kamu cukup dengan menaikkan ISO dan juga Shutter Speed.

  1. Gunakan Lampu Flash di Hp

Tips selanjutnya adalah kamu juga bisa menggunakan lampu flash di smartphone. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaktifkan di pengaturan dan kamu sudah bisa mulai memotret.

Kekurangan menggunakan LED flash ini adalah hanya memberikan fokus ke satu sisi saja, objek harus dekat dan bola mata nnatinya berwarna merah menyala akibat pantulan cahaya.

Maka drai itu, tentu saja kamu perlu mengetahui teknik yang bagus untuk menghasilkan foto yang bagus.

  1. Gunakan Stabilizer pada Hp

Terakhir, kamu bisa menggunakan stabilizer yang ada pada Hp. Stabilizer ini merupapakn alat yang membantu menjaga agar kinerja dan kualitas gambar ponsel kamu tetap konstan serta juga dapat membantu mengurangi guncangan pada saat memotret atau merekam video.

Mengaktifkan fitur ini cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu yang ada di pengaturan di aplikasi kamera.

Kamu juga harus memastikan jika Hp kamu gunakan ini mempunyai menu pengaturan stabilizer yang bisa diaktifkan.

Nah, dengan lima tips diatas tentu saja kamu pasti bisa memotret dalam kondisi gelap hanya menggunakan Hp saja. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *