Sering Menyimpan HP di Jok Sepeda Motor? Ini Tips Amannya

Tips Menyimpan HP di Jok Sepeda Motor
Tips Menyimpan HP di Jok Sepeda Motor (Foto:Canva)

Cara menyimpan Hp di jok sepeda motor supaya tidak meledak. Sejatinya, bagasi motor ini didesain hanya untuk menyimpan berbagai keperluan yang berhubungan dengan motor, mulai dari helm, jas hujan hingga toolkit.

Tapi, saat ini kebanyakan orang menggunakan bagasi motor untuk membawa dan menyimpan berbagai barang lain, mulai dari ponsel hingga barang elektronik lainnya.

Tahukah kamu, membawa dan menyimpan Hp di jok motor ini ternyata dapat menyebabkan kebakaran pada motor. Mengapa? Karena suhu yang ada di dalam bagasi motor ini cukup tinggi dan dapat meledakkan Hp di dalamnya.

Tak hanya itu, terlalu sering menyimpan Hp di jok motor juga dapat membuat umur pemakaian Hp ini menjadi lebih pendek dan juga menjadi cepat rusak karena suhu komponen yang panas.

Apabila keadaan cukup mendesak dan mengharuskan kamu menyimpan Hp di bagasi motor, maka kamu bisa ikuti tips atau cara berikut untuk meminimalisir bahaya yang terjadi, yaitu:

  1. Matikan Hp sebelum Meyimpannya dalam Bagasi Motor

Tips yang pertama adalah kamu harus mematikan Hp sepenuhnya atau daya internet, cara ini tentu saja diyakini dapat membantu menurunkan suhu Hp.

Jika posisi Hp mati, maka Hp tersebut tidak perlu bekerja dalam keadaan mati. Sementara, kondisi Hp yang menyala ini tentu saja dapat meningkat suhunya karena ada data yang masuk.

Suhu Hp yang tinggi ini akan dapat menimbulkan reaksi panas, sehingga saat disimpan dalam jok motor yang lokasinya berdekatan dengan tangki bensin akan dapat menyulut panas dan menimbulkan api dari dalam jok.

  1. Mencabut Baterai Hp

Kondisi baterai Hp yang dalam keadaan melembung dan mudah konslet ini akan dapat membuat suhu Hp semakin cepat tinggi.

Jadi untuk meminimalisir bahaya yang ada, lebih baik baterai dilepaskan dan dipisahkan dari Hp. Cara ini dilakukan supaya aman dan tidak terjadi peningkatan suhu yang cukup drastis di dalam jok.

  1. Melapisi Hp supaya Terhindar dari Benturan

Hp dapat meledak bukan hanya karena suhu yang tinggi. Tetapi, jika menaruh Hp di dalam jok ini tentu saja juga rentan terbentur dan dapat merusak fisik Hp.

Supaya terhindar dari hal tersebut, maka kamu bisa melapisi Hp dengan menggunakan plastik atau kain supaya aman dari benturan dan getaran saat sedang dalam perjalanan.

Tak hanya untuk menghindari benturan, ternyata cara ini juga dapat membantu mengurangi transfer panas secara langsung dari jok motor ke Hp.

Itulah tadi tiga tips cara aman menaruh Hp di jok motor. Ingat ya, tips di atas hanya membantu meminimalisir bahaya. Jadi, ada baiknya kamu menyimpan Hp dan barang elektronik lainnya di tempat yang aman pada saat perjalanan menggunakan motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *