Apa Itu Susu Evaporasi? Ini Bedanya dengan Susu Kental Manis

Susu Evaporasi
Susu Evaporasi (Foto:Canva)

Susu evaporasi merupakan susu yang memiliki tekstur sedikit lebih kental dari yang biasanya dijual dalam kaleng.

Susu jenis ini diketahui dapat digunakan sebagai pengganti susu atau krim pada beberapa resep kue.

Dikutip dari beberapa sumber, susu jenis ini terbuat dari susu murni atau susu skim yang sekitar 60 persen kadar airnya tersebut dihilangkan melalui pemanasan dengan api sedang.

Susu evaporasi ini memiliki kemasan yang mirip dengan kental manis, sehingga sering dikira kedua jenis susu tersebut sama.

Susu jenis ini dapat digunakan dalam langsung dari kaleng atau bisa juga diencerkan terlebih dahulu supaya dapat menyerupai susu segar.

Maka dari itu, susu ini memiliki masa simpan yang cukup lama dan juga dapat menjadi pilihan yang baik ketika kamu ingin membeli susu dan menjadikannya stok susu untuk di rumah.

Susu ini mempunyai rasa seperti susu segar biasa, hanya saja konsistensinya berbeda karena jenis susu ini cenderung lebih kental dan tidak terlalu encer.

Walaupun sama-sama dari susu yang dimasak, susu evaporasi dan susu kental manis ini sangat berbeda. Inilah perbedaan kedua susu tersebut, yaitu:

  1. Kandungan Gula

Perbedaan yang utama dari kedua jenis susu ini adalah  kandungan gulanya. Sama dengan namanya SKM (Susu Kental Manis) ini selalu diberi pemanis, sementara susu evaporasi tidak.

Umumnya, pada SKM tambahan gula ke dalamnya ditambahkan setelah 60 persen kandungan air dalam susu dihilangkan. Setelah itu, susu akan dikemas di dalam kaleng. Jadi, kandungan gulanya sendiri sekitar 40 hingga 45 persen.

  1. Rasanya

Karena kandungan gula yang ada di dalam SKM ini lebih tinggi, maka SKM ini mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan susu evaporasi, karena susu tersebut mempunyai rasa yang gurih.

  1. Penggunaannya

Jika SKM ini lebih sering  digunakan untuk membuat hidangan penutup yang bercita rasa manis, seperti pie, puding, es krim atau pemanis kopi dan the.

Sementara, untuk susu evaporasi ini lebih sering digunakan untuk memasak, karena mempunya cita rasanya yang gurih. Miaslnya bisa untuk aneka saus creamy dan masih banyak lagi.

  1. Kandungan Nutrisinya

Jika susu kental manis ini disarankan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi, hal ini dikarenakan jumlah kandungan gulanya yang terbilang sangat tinggi. Tetapi, berbeda dengan susu evaporasi yang diklaim diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan protein dan lemak yang ada dalam susu evaporated ini akan tetap dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.