Apa Itu Childfree dan Benarkah Bisa Bikin Awet Muda? Cek Faktanya Di Sini

Apa Itu Childfree
Apa Itu Childfree (Foto:Canva)

Childfree ini adalah sebuah istilay yang mengacu terhadap keputusan seseorang ataupun pasangan untuk tidak memiliki keturunan atau tidak memiliki anak.

Baru-baru ini istilah tersebut kembali manjadi ramai diperbincangkan karena munculnya komentar terbaru dari salah satu influencer bernama Gitasav.

Gitasav mengaku bahwa dirinya yang awet muda ini berkat dia dan suami yang memilih untuk childfree.

Hal ini ia ungkapkan ketika membalas salah satu komentar dari pengikutnya  yang memuji Gitasav terlihat awet muda.

“Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox,” tulis Gitasav.

Tak lama kemudia, komentar Gitasav ini menuai beragam kontroversi, ada yang pro dan ada juga kontra. Lantas, apa sih sebenarnya childfree itu dan apakah bisa membuat awet muda?

Childfree adalah sebuah istilah yang mengacu pada seseorang yang tak memiliki anak, baik itu secara biologis, adopsi maupun yang lainnya.

Istilah ini tentu saja bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dalam kehidupannya sudah memilih untuk tidak memiliki anak, namun bisa juga untuk mereka yang tak bisa memiliki anak.

Childfree ini umumnya adalah sebuah keputusan yang bersifat personal. Karena pada dasarnya ada beragam alasan seseorang ataupun pasangan memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Di sisi lain, keputusan memilih untuk tidak memiliki anak ini masih dinilai tabu di Indonesia.

Kondisi ini disebabkan oleh faktor budaya dan sosial yang masih sangat mengikat, di mana menikah atau pun menjadi suami istri ini akan selalu mensyaratkan adanya anak ditengah-tengah mereka.

Lalu, apakah childfree bisa buat awet muda? Menurut Dokter spesialis kulit dari DNI Skin Center Dr dr Darma, SpKK(K), FINSDV, FAADV, kedua hal ini tidak ada hubungannya secara langsung. Ada satu hal yang memang berkaitan dengan keduanya, yaitu aadalah munculnya rasa stres.

Secara ilmiah, stres atau pikiran berat ini bisa menjadi pemicu hormon negatif pada tubuh.

Artinya, dari efek ini tak hanya bisa menyerang sistem kekebalan tubuh, tapi juga bisa berpengaruh pada respons hormonal ke antioksidan.

Antioksidan ini merupakan sebuah senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif radikal bebas.

Jadi, apaila tubuh kekurangan antioksidan, maka permasalahan kulit seperti keriput, jerawat dan lainnya otomatis muncul.

Tapi, hal ini kembali lagi kepada apa yang menjadi penyebab atau pemicu munculnya stres.

Perlu diketahui, ada banyak sekali yang menjadi faktor seseorang untuk memilih childfree. Mulai dari masalah finansial, ingin fokus ke karier hingga wanita tersebut tidak ingin bentuk badannya berubah.