Ampuh! Inilah Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas

Cara Menghilangkan Ngantuk
Cara Menghilangkan Ngantuk (Foto:Canva)

Cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas dijamin ampuh. Kurang tidur saat malah hari menjadi salah satu pemicu munculnya rasa ngantuk saat beraktivitas.

Rasa ngantuk ini dapat membuat seseorang kehilangan fokusnya, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik. Tentu saja ini akan sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang memiliki kegiatan penting yang membutuhkan fokus tinggi.

Berikut ini cara ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk, yaitu:

1. Mencari Waktu Tidur Siang

Menyempatkan diri untuk bisa tidur siang ketika kamu memiliki jam istirahat menjadi salah satu cara yang cukup baik untuk menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu bisa tidur siang di bawah jam tiga sore. Apabila lebih dari itu, akan membuat jam tidur malam kamu bisa saja terganggu.

Jangan lupa untuk mengatur alarm supaya kamu tidak kelewatan dan tetap bisa melanjutkan kegiatan setelahnya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Kelelahan juga menjadi salah satu pemicu datangnya rasa kantuk. Salah satu penyebab kelelahan sendiri karena bisa saja tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik.

Maka untuk menghilangkan rasa ngantuk, disarankan untuk mengonsumsi cukup air putih yang bertujuan untuk menormalkan sel-sel tubuh, sehingga metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama dan Usahakan Banyak Bergerak

Buat kamu yang sebagai pekerja kantoran atau siswa pasti akan lebih sering duduk daripada berjalan atau berdiri.

Sehingga, kamu bisa menyempatkan diri untuk berdiri sesekali hingga berjalan ditempat yang dekat supaya aliran darah tetap mengalir secara baik.

Hal ini juga akan membuat tubuh kamu menjadi lebih enak dan tentu saja bisa menghilangkan rasa kantuk dengan lebih baik.

4. Mencuci Muka

Saat rasa kantuk datang ketika kamu sedang beraktivitas, kamu bisa mencuci muka dengan air dingin. Kamu dapat melakukan cara ini sesering mungkin untuk menghilangkan rasa lelah pada mata. Sehingga, dengan cara ini bisa membangkitkan kembali semangat kamu untuk beraktivitas.

5. Cobalah Mengonsumsi Camilan yang Sehat

Ngemil di sela waktu beraktivitas bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantuk yang efektif. Tapi ingat ya, jangan mengonsumsi camilan yang manis dan berlemak, karena camilan tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Usahakan mengonsumsi camilan yang sehat untuk menghilangkan rasa kantuk, seperti kacang-kacangan, buah, yogurt hingga telur rebus.