Golongan Darah Akan Menentukan Kepribadian? Ini Jawabannya

Golongan Darah Akan Menentukan Kepribadian
Golongan Darah Akan Menentukan Kepribadian (Foto:Canva)

Apakah golongan darah kita akan menentukan kepribadian? Tahukah kamu, jika di berbagai negara ini golongan darah cukup erat kaitannya dengan kepribadian seseorang.

Banyak dari mereka yang percaya jika golongan darah ini bisa menentukan kepribadian seseorang.

Sebenarnya kebanaran tentang hal ini masih belum valid dan masih harus dibuktikan secara ilmiah. Hanya saja masih banyak orang yang percaya jika kepribadian seseorang ini bisa dinilai dari golongan darah masing-masing.

Walaupun masih belum ada penjelasannya secara ilmiah, tapi nyatanya keyakinan mengenai golongan darah dapat menentukan kepribadian ini tentu saja munculnya tidak asal-asalan.

Adanya teori kepribadian golongan darah ini adalah sebuah konsep Jepang yang secara resmi dikenal dengan istilah ketsueki-gata.

Ketsueki-gata ini merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mengetahui ciri-ciri kepribadian seseorang. Dengan konsep ini nantinya akan dikaitkan dengan salah satu dari empat golongan darah yang ada.

Bahkan, menurut teori ketsueki-gata yang ada ini perbedaan permukaan dari sel darah pada setiap golongan darah ini akan dapat menciptakan respons biologis berbeda yang nantinya akan membentuk kepribadian.

Dalam budaya Jepang, sebuah prediksi dengan menggunakan golongan darah ini tentu saja sudah lama digunakan sebagai dasar dari perjodohan dan maupun prediksi yang lainnya.

Sementara pada akhir 1920-an, ada salah satu seorang psikolog Jepang yang bernama Tokeji Furukawa melakukan sebuah penelitian dan menerbitkan sebuah makalah dengan judul “A Study of Temperament and Blood-Groups.”

Dalam penelitian dan makalahnya tersebut, Tokeji meminta para objek survei nya untuk menjawab 11 pertanyaan yang ada kaitannya dengan kepribadian yang berdasarkan golongan darah.

Dari penelitian yang dilakukan tersebut, maka didapatkan hasil berikut ini:

  • Orang dengan golongan darah O ini hasilnya cenderung orang yang apatis, santai dan damai.
  • Orang dengan golongan darah A ini hasilnya cenderung sebagai orang yang melankolis, mandiri dan pemikir mendalam.
  • Orang dengan golongan darah B ini adalah orang yang optimis, ramah dan aktif secara sosial.

Ingat ya, sistem kepribadian yang ditentukan berdasarkan golongan darah ini masih tidak bisa menjelaskan sifat kepribadian seseorang yang dinamis dan fleksibel.

Mengapa? Karema secara umum kepribadian seseorang ini akan dapat berubah. Berubahnya kepribadian ini bisa jadi karena pengalaman hidup atau budaya baru yang berbeda.