Ada di Papua, Inilah 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia
Gunung Tertinggi di Indonesia (Foto:Canva)

Gunung tertinggi di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 127 gunung dan dari beberapa diantaranya tercatat sebagai gunung tertinggi.

Bahkan, ada gunung yang ketinggiannya mencapai 4.000 meter di atas permukaan laut dan gunung-gunung tertinggi di Indonesia ini tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berikut ini 10 gunung tertinggi di Indonesia, yaitu:

1. Gunung Puncak Jaya Wijaya

Urutan pertama ada gunung Puncak Jaya Wijaya atau sering disebut dengan gunung Carstensz Pyramid yang terletak di Provinsi Papua.

Gunung Puncak Jaya Wijaya ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Tak hanya menjadi gunung tertinggi di Indonesia, ternyata Puncak Jaya Wijaya juga masuk dalam 7 puncak tertinggi di dunia.

2. Gunung Puncak Mandala

Gunung Puncak Mandala ini juga terletak di Papua. Gunung Puncak Mandala memiliki ketinggian sekitar 4.760 mdpl.

Puncak Mandala adalah sebuah pengunungan bintang yang terletak di bagian timur Papua dan berada di dekat perbatasan Papua Nugini.

3. Gunung Trikora

Gunung Trikora ini terletak di area Papua Barat dan memiliki ketinggian yang mencapai 4.750 mdpl.

Trikora juga mempunyai beberapa kawasan hutan dalam jalur pendakiannya, seperti Taman Nasional Lorents atau Hutan Montane.

4. Gunung Kerinci

Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Lokasi gunung Kerinci ini terletak di perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dengan Provinsi Sumatra Barat di kabupaten Solok Selatan yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani mempunyai ketinggian yang mencapai 3.762 meter dan Rinjani juga menjadi salah satu gunung yang populer serta banyak mengundang pendaki.

6. Gunung Semeru

Gunung Semeru ini juga menjadi gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 3.676 mdpl yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

7. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar ini mempunyai ketinggian hingga mencapai 3.564 meter. Gunung Sanggar terletak di Nusa Tenggara Barat ini masih berada dalam satu area dengan gunung Rinjani.

8. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong ini terletak di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Enrekang dan gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.478 mdpl.

Gunung Latimojong ini berbeda dengan beberapa gunung lainnya, karena gunung ini memeliki puncak yang datar bukan kerucut atau terjal.

9. Gunung Slamet

Gunung Slamet ini adalah gunung api aktif yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggiannya yang mencapai 3.428 mdpl.

Perlu diketahui, gunung Slamet ini terbentang di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas dan Brebes.

10. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing menjadi gunung tertinggi ketiga di pulau Jawa yang memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl.

Secara administratif, gunung ini terletak di tiga wilayah, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.